International Updates

Geger Varian Omicron, Jerman Catat 76 Ribu Kasus COVID Sehari

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 27 Nov 2021 17:35 WIB
Corona Viruses against Dark Background
Foto: Getty Images/loops7
Jakarta -

Mengikuti langkah banyak negara lain di dunia, Thailand mengatakan akan melarang masuk para pelancong dari delapan negara Afrika selatan, di mana varian baru COVID-19 telah muncul.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menamai varian baru ini Omicron, dan para ilmuwan bergegas untuk memahami perilakunya dan apakah vaksin perlu penyesuaian.

Varian baru yang menimbulkan kekhawatiran ini telah mencapai Asia dan Eropa, dengan satu kasus di Hong Kong dan satu kasus infeksi yang dikonfirmasi di Belgia.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Sabtu (27/11/2021):

- RS Penuh Gegara COVID, Pesawat Militer Jerman Pindahkan Pasien ICU

Jerman menggunakan sebuah pesawat militer untuk memindahkan para pasien perawatan intensif (ICU) ke daerah-daerah yang tidak begitu parah menghadapi lonjakan kasus infeksi virus Corona.

Ini sebuah langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya di saat gelombang keempat pandemi yang ganas menyebabkan bangsal rumah sakit dipenuhi pasien COVID-19.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Sabtu (27/11/2021), juru bicara Angkatan Udara Jerman mengatakan, sebuah pesawat angkut medis Airbus 310 yang dilengkapi peralatan khusus lepas landas dari Memmingen di negara bagian Bavaria menuju bandara Muenster/Osnabrueck di barat negara itu.

Bavaria merupakan wilayah Jerman yang terkena dampak parah dari lonjakan kasus COVID-19.

- Pertama di Eropa, Belgia Deteksi Kasus Varian Baru Omicron

Otoritas Belgia menyatakan telah mendeteksi sebuah kasus infeksi varian baru COVID-19 yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan. Ini merupakan kasus pertama yang diumumkan di Eropa.

Kasus ini merupakan orang yang tidak divaksinasi, yang baru kembali dari luar negeri.

"Kami memiliki kasus yang sekarang dikonfirmasi dari varian ini, B.1.1.529, yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan," kata Menteri Kesehatan Belgia Frank Vandenbroucke pada konferensi pers seperti diberitakan kantor berita AFP, Sabtu (27/11/2021).

Vandenbroucke mengatakan, orang yang terinfeksi itu dinyatakan positif pada 22 November dan belum pernah terinfeksi COVID-19 sebelumnya.

- Mendarat di Belanda, 61 Penumpang Pesawat Afrika Selatan Positif COVID!

Otoritas kesehatan Belanda mengatakan Sabtu (27/11) bahwa 61 penumpang dari dua penerbangan dari Afrika Selatan dinyatakan positif COVID-19. Hasil tes mereka sedang diperiksa untuk memastikan apakah mereka terinfeksi varian baru, Omicron.

Orang-orang yang positif Corona itu sekarang dikarantina di sebuah hotel dekat Bandara Schiphol, Amsterdam, di mana 600 orang di dalam dua pesawat dari Johannesburg tersebut menghabiskan waktu berjam-jam menunggu pemeriksaan pada hari Jumat (26/11).

Simak Video: Heboh Corona Varian Omicron, Epidemiolog Minta Pelancong Karantina 7 Hari!

[Gambas:Video 20detik]