Rudal Israel Tewaskan 4 Orang di Suriah, Termasuk 2 Warga Sipil

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 24 Nov 2021 14:59 WIB
A warplane carries out a bombing run above Syria near the Israeli-Syrian border as it is seen from the Israeli-occupied Golan Heights , Israel July 24, 2018. REUTERS/Ammar Awad
ilustrasi jet tempur Israel (Foto: REUTERS/Ammar Awad)

Israel telah berulang kali menyatakan tidak akan membiarkan negara tetangga Suriah menjadi landasan peluncuran serangan musuh bebuyutannya, Iran.

Sejak perang saudara pecah di Suriah pada tahun 2011, Israel telah melancarkan ratusan serangan udara di wilayah Suriah, menargetkan posisi pemerintah serta pasukan sekutu yang didukung Iran dan kelompok Hizbullah.

Sebelumnya, serangan serupa pada 3 November lalu menghantam posisi yang dikuasai oleh pemerintah Suriah dan sekutunya yang pro-Iran di dekat Damaskus, ibu kota Suriah.

Pada 30 Oktober, lima milisi pro-Iran tewas dalam serangan Israel yang menghancurkan senjata dan amunisi Hizbullah dan Iran di dekat Damaskus.

Serangan Israel pada pertengahan Oktober menewaskan sembilan pejuang pro-pemerintah di dekat pangkalan udara T4 di timur Palmyra di Suriah tengah, menurut sumber yang sama.


(ita/ita)