Kata China Soal Kontroversi Petenis Peng Shuai: Dibesar-besarkan!

Tim Detikcom - detikNews
Selasa, 23 Nov 2021 17:42 WIB
Peng Shuai
Peng Shuai (Foto: Twitter)
Jakarta -

Pemerintah China bersuara mengenai kehebohan seputar bintang tenis Peng Shuai. Beijing menyebut kontroversi seputar Peng Shuai telah "dibesar-besarkan secara jahat".

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Selasa (23/11/2021), hal ini disampaikan Beijing setelah mantan petenis ranking satu dunia di nomor ganda itu, membuat klaim penyerangan seksual terhadap salah satu politisi paling kuat di negara itu.

Peng, juara ganda Wimbledon dan Prancis Terbuka, tidak terlihat selama lebih dari dua minggu setelah dia menuduh mantan Wakil Perdana Menteri Zhang Gaoli telah memaksanya berhubungan seks.

Perempuan berusia 35 tahun itu, muncul kembali di depan umum untuk pertama kalinya pada akhir pekan lalu ketika dia terlihat menghadiri turnamen tenis Beijing.

"Saya pikir beberapa orang harus berhenti dengan sengaja dan jahat membesar-besarkan, apalagi mempolitisasi masalah ini," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian dalam menanggapi pertanyaan apakah kasus tersebut mempengaruhi citra internasional China.

Diketahui bahwa Beijing akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin pada bulan Februari 2022 mendatang.

"Saya yakin Anda semua telah melihat bahwa dia baru-baru ini menghadiri beberapa acara publik dan melakukan panggilan video dengan presiden IOC Thomas Bach," tambah Zhao.

Komentar tersebut merupakan tanggapan paling langsung dari pemerintah China terhadap kasus Peng.

Simak juga '30 Tahun ASEAN-RRT, Xi Jinping Komitmen Sumbang 150 Juta Dosis Vaksin Covid':

[Gambas:Video 20detik]