Hong Kong Izinkan Vaksin Sinovac untuk Anak-anak Mulai Usia 3 Tahun

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 20 Nov 2021 15:07 WIB
Sejumlah tempat hiburan di Hong Kong kembali dibuka. Guna cegah Corona, warga yang mengunjungi taman bermain di Hong Kong diwajibkan untuk mengenakan masker.
Ilustrasi -- Anak-anak di taman hiburan Hong Kong (dok. Getty Images/Anthony Kwan)
Hong Kong -

Otoritas Hong Kong mengizinkan penggunaan vaksin virus Corona (COVID-19) buatan Sinovac Biotech asal China untuk anak-anak mulai usia 3 tahun. Persetujuan diberikan saat Hong Kong tengah memperluas kampanye insentif untuk 7,5 juta warganya agar bersedia divaksinasi Corona.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (20/11/2021), otoritas makanan dan kesehatan Hong Kong mengumumkan pada Sabtu (20/11) waktu setempat bahwa vaksin Sinovac -- yang memiliki nama resmi CoronaVac -- diperbolehkan untuk digunakan pada anak-anak berusia 3-17 tahun.

"Remaja berusia 12-17 tahun akan diprioritaskan menerima vaksin CoronaVac, dengan maksud untuk diperluas ke anak-anak dari kelompok usia lebih muda pada tahap selanjutnya," sebut Sekretaris Urusan Makanan dan Kesehatan Hong Kong (SFH), Sophia Chan, dalam pernyataannya.

Menurut pernyataan itu, SFH telah mempertimbangkan bahwa perluasan kelompok usia hingga mencakup anak-anak usia 3-17 tahun memiliki manfaat yang 'lebih besar daripada risikonya'.

Panel penasihat pemerintah Hong Kong untuk vaksin Corona sebelumnya telah merekomendasikan SFH untuk menyetujui batasan usia baru bagi pemberian vaksin Sinovac.

Perluasan batasan usia ini disetujui saat kampanye vaksinasi Corona di Hong Kong yang dimulai sejak Februari lalu mulai tertinggal dari banyak negara maju lainnya. Sejauh ini diketahui sekitar 67 persen penduduk Hong Kong telah divaksinasi setidaknya dua dosis vaksin Corona, baik Sinovac maupun Pfizer-BioNTech.

Dalam pernyataan terpisah, pada Jumat (19/11) waktu setempat, pemerintah Hong Kong mengumumkan pembelian 1 juta dosis tambahan vaksin Pfizer-BioNTech untuk program vaksinasi dosis ketiga di wilayahnya.