Spanyol Buru 7 Turis Belanda Positif Corona yang Kabur Karantina

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 20 Nov 2021 11:46 WIB
Pemerintah Spanyol cabut aturan wajib bermasker bagi warganya. Saat ini warga Spanyol dibolehkan beraktivitas di luar rumah tanpa masker dengan sejumlah catatan.
Ilustrasi -- Situasi pandemi Corona di Spanyol (dok. AP Photo/Manu Fernandez)
Madrid -

Otoritas Spanyol tengah memburu sedikitnya tujuh turis asing asal Belanda yang kabur dari karantina usai dinyatakan positif virus Corona (COVID-19).

Seperti dilansir AFP, Jumat (20/11/2021), sekelompok turis Belanda itu tinggal di sebuah rumah liburan di desa Navas del Madrono, bagian barat wilayah Extremadura ketika salah satu dari mereka jatuh sakit dan dinyatakan positif Corona di pusat kesehatan setempat.

Dituturkan juru bicara pemerintah setempat bahwa enam turis lainnya kemudian juga dinyatakan positif Corona.

Ketujuh turis Belanda itupun diperintahkan menjalani karantina di rumah liburan yang mereka tinggali selama berada di Spanyol. Namun ketika para petugas dari otoritas kesehatan setempat berkunjung untuk memeriksa kondisi mereka pada Rabu (17/11) waktu setempat, rumah itu didapati kosong.

Menteri Kesehatan setempat, Jose Maria Vergeles, menyatakan otoritas kesehatan internasional telah diberitahu soal situasi ini. "Ini merupakan masalah kesehatan masyarakat," sebutnya.

"Kami tidak tahu di mana mereka," ucap Vergeles dalam konferensi pers pada Jumat (19/11) waktu setempat.

"Ini menjadi contoh jelas untuk apa yang tidak seharusnya Anda lakukan," imbuhnya.