Michelle Wu, Putri Imigran Taiwan Jadi Wali Kota Perempuan Pertama di Boston

Tim Detikcom - detikNews
Jumat, 19 Nov 2021 18:42 WIB
michelle wu
Michelle Wu dilantik menjadi Wali Kota Boston (Foto: AP)

Pada usia 36 tahun, Wu juga merupakan wali kota milenial pertama di kota itu dan salah satu orang termuda yang memimpin kota besar di Amerika Serikat.

Wu, yang kedua orang tuanya bermigrasi dari Taiwan, dibesarkan di Chicago dan kemudian pindah ke Boston untuk berkuliah di Harvard University dan Harvard Law School.

Sebelum menjadi wali kota, Wu menjabat sebagai anggota dewan kota besar itu selama delapan tahun, termasuk dua tahun ketika dia juga memegang gelar presiden dewan kota.

Sejumlah pemimpin terkemuka lainnya menghadiri upacara pelantikan tersebut, termasuk Gubernur Charlie Baker, Senator AS, Elizabeth Warren dan Edward Markey, serta anggota DPR Ayanna Pressley.

Di luar tantangan sehari-hari memimpin kota, Wu juga harus mulai memenuhi janji kampanyenya.

Wu menjalankan agenda progresif yang luas, menjanjikan transportasi umum gratis, pra-sekolah universal, dan Kesepakatan Baru Hijau (Green New Deal) untuk Boston, yang tidak hanya mencakup lebih banyak pohon dan bus sekolah listrik, tetapi juga inisiatif untuk memerangi kemiskinan dan menghilangkan kesenjangan kemakmuran rasial.


(ita/ita)