Michelle Wu, Putri Imigran Taiwan Jadi Wali Kota Perempuan Pertama di Boston

Tim Detikcom - detikNews
Jumat, 19 Nov 2021 18:42 WIB
michelle wu
Michelle Wu dilantik menjadi Wali Kota Boston (Foto: AP)
Jakarta -

Wali Kota Boston, Amerika Serikat, Michelle Wu, membuat sejarah ketika dia mengambil sumpah jabatan, menjadi perempuan pertama, orang Asia-Amerika pertama dan orang kulit berwarna pertama yang dilantik ke jabatan tertinggi di Boston tersebut.

Pelantikan wali kota Amerika keturunan Asia pertama itu dilakukan dua minggu setelah Wu memenangkan pemilihan wali kota. Sebelum Wu, Boston hanya memilih laki-laki kulit putih sebagai wali kota.

Dalam pelantikannya pada Selasa (16/11) waktu setempat, dia dikelilingi oleh anggota keluarga serta para politisi negara bagian dan lokal terkemuka. Wu pun berjanji untuk langsung bekerja.

"Kami memiliki begitu banyak pekerjaan yang harus dilakukan, dan itu akan membutuhkan kita semua untuk menyelesaikannya," kata Wu, tak lama setelah dilantik.

Seperti dilansir NBC, dalam sambutan singkat di ruang Dewan Kota, mantan anggota dewan kota dan putri imigran Taiwan itu mengulangi tema utama kampanyenya: janji untuk memberikan perubahan generasi.

Wu juga mengatakan kota tersebut perlu memetakan arah baru bagi keluarga saat ini dan generasi yang akan datang.

"Bagaimana pun Boston dibentuk atas janji revolusioner, bahwa segala sesuatunya tidak harus seperti biasanya. Bahwa sekarang kita dapat memetakan jalan baru bagi keluarga, bagi generasi mendatang, berdasarkan keadilan dan kesempatan," ujar Wu yang memiliki dua anak kecil.