International Updates

Jerman Kirim Pasien COVID ke Italia karena RS Penuh, Rapper AS Ditembak Mati

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 18 Nov 2021 17:29 WIB
Jerman kembali cetak rekor tertinggi untuk lonjakan kasus COVID-19 dalam sehari di wilayahnya. Lebih dari 50 ribu kasus terdeteksi di Jerman dalam satu hari.
penanganan pasien COVID-19 di Jerman (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Lonjakan kasus infeksi virus Corona membuat tempat tidur perawatan intensif (ICU) terisi penuh di sebuah rumah sakit di Freising, Bavaria, Jerman. Ditambah dengan kurangnya staf medis, rumah sakit tersebut membuat keputusan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk memindahkan pasien COVID-19 ke Italia utara untuk mendapat perawatan.

Melalui pasang surut selama 18 bulan pandemi, Jerman dalam banyak kesempatan menerima pasien dari negara-negara tetangga karena rumah sakit di tempat lain kehabisan ruang.

Namun kini, gelombang ganas keempat telah menyebabkan jumlah kasus COVID-19 ke rekor tertinggi di Jerman, menempatkan rumah sakit di beberapa bagian negara itu di bawah tekanan besar dan memaksa beberapa orang untuk mencari bantuan di tempat lain di Uni Eropa.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Kamis (18/11/2021):

- Filipina Marah Gegara China Tembakkan Meriam Air ke Kapalnya

Pemerintah Filipina menuduh kapal-kapal Penjaga Pantai China menembakkan meriam air ke kapal-kapal yang mengirimkan pasokan ke marinir Filipina di Laut China Selatan yang disengketakan. Manila memerintahkan Beijing untuk "mundur".

Seperti diberitakan AFP, Kamis (18/11/2021), Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin mengatakan dia telah menyatakan "kemarahan, kecaman dan protes" ke Beijing atas insiden itu. Dikatakannya, insiden itu terjadi pada Selasa (16/11) ketika kapal-kapal Filipina melakukan perjalanan ke Second Thomas Shoal di Kepulauan Spratly yang diperebutkan.

"Untungnya, tidak ada yang terluka; tetapi kapal kami harus membatalkan misi pasokan mereka," kata Locsin dalam sebuah pernyataan di Twitter, menggambarkan tindakan tiga kapal China tersebut sebagai "ilegal".

- Pertama Kali, Presiden China-Israel Teleponan Bahas Iran

Untuk pertama kalinya dalam sejarah kedua negara, Presiden China Xi Jinping dan Presiden Israel Isaac Herzog berbicara melalui telepon pada Rabu (17/11/) waktu setempat.

Seperti diberitakan AFP, Kamis (18/11/2021), dalam percakapan via telepon itu, Herzog menyinggung tentang program nuklir Iran.

China dan Israel menjalin hubungan diplomatik sejak tahun 1992, 44 tahun setelah pembentukan negara Yahudi tersebut, dan presiden-presiden Israel telah mengunjungi China sejak itu.

Namun, menurut kantor kepresidenan Herzog, pada Rabu (17/11) terjadi "panggilan telepon pertama antara presiden China dan Israel".

- Rapper AS Young Dolph Tewas Ditembak di Toko Kue

Rapper Amerika Serikat, Young Dolph tewas ditembak ketika dia berada di sebuah toko kue di Memphis, Tennessee, Amerika Serikat.

Rapper kelahiran Chicago, yang bernama asli Adolph Robert Thornton tersebut meninggal pada usia 36 tahun.

Tonton juga Video: Kedua Kalinya Sule Positif Covid-19

[Gambas:Video 20detik]