AS Tuduh Helikopter Iran Lakukan Manuver Berbahaya Dekat Kapal Perangnya

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 16 Nov 2021 14:16 WIB
Bendera Iran dan AS
Ilustrasi (dok. Reuters)
Washington DC -

Departemen Pertahanan Amerika Serikat atau Pentagon menuduh Iran melakukan manuver 'tidak aman dan tidak profesional' setelah helikopter Angkatan Laut Iran mengudara dalam jarak sangat dekat dengan sebuah kapal Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) di perairan Teluk Oman.

Tak hanya itu, helikopter Iran juga terbang mengelilingi kapal perang AS itu sebanyak tiga kali. Demikian seperti dilansir Associated Press dan Reuters, Selasa (16/11/2021).

Sekretaris Pers Pentagon, John Kirby, menyatakan bahwa helikopter militer Iran mengudara dalam jarak hanya 25 yards atau sekitar 23 meter dari kapal perang AS, USS Essex, yang merupakan kapal serbu amfibi.

"Ini berbahaya karena bisa menyebabkan salah perhitungan," ujar Kirby.

Dituturkan Kirby bahwa helikopter Iran itu juga terbang memutari USS Essex sebanyak tiga kali dan pada satu waktu terbang serendah 10 kaki atau 3 meter dari permukaan laut.

Dia menambahkan bahwa insiden yang terjadi pada 11 November lalu itu tidak berdampak pada operasional USS Essex.

"Tanpa menjelaskan secara spesifik, awak Essex mengambil langkah perlindungan yang sesuai yang mereka anggap diperlukan, dan mereka bertindak sesuai hukum internasional," ucap Kirby dalam pernyataannya.

Angkatan Laut AS diketahui secara berkala melaporkan apa yang disebutnya sebagai interaksi tidak aman dan tidak profesional dengan Angkatan Laut Iran di perairan Teluk Persia dan Teluk Oman.

(nvc/ita)