41 Orang Tewas Akibat Hujan Deras di India dan Sri Lanka

Mutia Safira - detikNews
Kamis, 11 Nov 2021 14:47 WIB
Indias northeast monsoon usually runs from October to December, bringing heavy rain, particularly to the south. (File/AFP)
Ilustrasi -- Banjir di India (File/AFP)
New Delhi -

Sedikitnya 41 orang tewas akibat hujan deras yang mengguyur wilayah India bagian selatan dan wilayah Sri Lanka. Prakiraan cuaca memperkirakan intensitas hujan deras baru akan berkurang dalam beberapa hari ke depan.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (11/11/2021), Departemen Meteorologi India memperkirakan bahwa hujan ringan hingga menengah mengguyur sebagian besar wilayah yang terkena dampak, dengan disertai banjir di beberapa ruas jalan dan di area dataran rendah.

Sementara otoritas Sri Lanka memperkirakan bahwa hujan deras akan mereda mulai Kamis (11/11) waktu setempat, karena tekanan rendah yang membawa cuaca buruk itu mulai menjauhi negara tersebut.

"Yang terburuk sudah berakhir dan hujan sesekali akan terjadi," ucap Pradeep John, seorang prakirawan cuaca amatir yang terkenal di negara bagian Tamil Nadu.

"Hari ini hujan akan mengguyur dan reda secara bergantian, dengan jeda lama dan tidak mengkhawatirkan," tambahnya.

Para pejabat Sri Lanka dalam pernyataannya menyebut hujan deras telah menewaskan 25 orang, dengan sebagian besar tewas tenggelam, sedangkan lima orang lainnya mengalami luka-luka terluka akibat tanah longsor.

Menteri Penanggulangan Bencana negara bagian setempat, KKSSR Ramachandran, menuturkan bahwa sedikitnya 16 orang tewas di Tamil Nadu.