Tragis! 4 Bayi Baru Lahir Tewas dalam Kebakaran RS di India

Mutia Safira - detikNews
Selasa, 09 Nov 2021 15:43 WIB
New Delhi -

Sebuah rumah sakit pemerintah di India dilanda kebakaran yang menghanguskan unit perawatan bayi. Tragis, sedikitnya empat bayi yang baru lahir meninggal dunia dalam kebakaran tersebut.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (9/11/2021), unit perawatan bayi itu tengah menampung 40 bayi yang baru lahir saat kebakaran terjadi pada Senin (8/11) malam waktu setempat. Insiden ini menambah jumlah kematian dari rangkaian kebakaran rumah sakit di India sepanjang tahun ini yang merenggut puluhan nyawa.

Menteri Pendidikan Kedokteran untuk negara bagian Madhya Pradesh, Vishvas Kailash Sarang, menyatakan bahwa bayi-bayi baru lahir lainnya yang berada di Rumah Sakit Kamla Nehru yang dilanda kebakaran, telah dipindahkan ke bangsal lain. Disebutkan bahwa kebanyakan bayi itu mengalami kekurangan berat badan.

"Anak-anak lainnya sedang dirawat," sebut Kailash Sarang melalui akun Twitternya.

Dia juga menyebutkan bahwa penyelidikan terkait kebakaran tersebut telah dimulai.

Kebakaran rumah sakit setidaknya telah menewaskan sedikitnya 70 orang di berbagai wilayah India sepanjang tahun ini. Salah satunya kebakaran yang menewaskan 11 orang pasien COVID-19 pada akhir pekan lalu di Maharashtra, negara bagian yang bertetangga dengan Madhya Pradesh.

Sebagian besar korban tewas berusia di atas 60 tahun.

Sebelumnya, kebakaran maut yang beberapa kali terjadi di rumah sakit India juga menewaskan pasien COVID-19. Pada April lalu, 13 pasien COVID-19 tewas di sebuah klinik Mumbai yang terbakar. Kemudian pada Mei dilaporkan 16 pasien COVID-19 dan dua perawat tewas dalam kebakaran sebuah rumah sakit di negara bagian Gujarat.

(nvc/nvc)