ADVERTISEMENT

52 WNI Ditangkap Saat Masuk Malaysia Lewat Rute Ilegal

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 01 Nov 2021 16:15 WIB
Ilustrasi penjara
Ilustrasi (dok. Getty Images/iStockphoto/Fahroni)
Kuala Lumpur -

Militer Malaysia menggagalkan upaya puluhan imigran tanpa dokumen sah yang hendak memasuki wilayah negara itu melalui rute ilegal. Sedikitnya 52 imigran ilegal yang semuanya berasal dari Indonesia ditangkap otoritas Malaysia.

Seperti dilansir The Star, Senin (1/11/2021), kantor Divisi Infantri ke-3 Malaysia menyatakan bahwa pos pemantauan mendeteksi pergerakan sebuah kapal yang berlayar menuju panti Pasir Logok, Kota Tinggi, pada Senin (1/11) dini hari, sekitar pukul 02.30 waktu setempat.

"Tim dari Pasukan Reaksi Cepat dikirimkan ke pantai tersebut dan mereka berhasil menahan 22 warga Indonesia yang baru turun dari kapal sekitar pukul 02.50 waktu setempat," demikian pernyataan Divisi Infantri ke-3 pada militer Malaysia.

"Kami terus mengejar yang lainnya dan sekitar pukul 04.00 waktu setempat, berhasil menangkap 26 orang lainnya yang bersembunyi di semak-semak di dekatnya," imbuh pernyataan itu.

"Saat itu gelap sehingga ada beberapa kesulitan dalam mencari mereka," demikian pernyataan tersebut, sembari menyebut tiga imigran lainnya ditahan pukul 09.30 waktu setempat dan satu lainnya ditahan pukul 11.40 waktu setempat, sehingga totalnya mencapai 52 imigran ilegal.

Mereka yang ditangkap disebut tidak memiliki dokumen sah untuk masuk wilayah Malaysia.

Disebutkan juga dalam pernyataan itu bahwa 44 imigran asal Indonesia yang ditahan berjenis kelamin laki-laki dan delapan lainnya berjenis kelamin perempuan. Para imigran ilegal yang ditahan berusia 19-53 tahun.

Simak Video: Bertemu Menlu Malaysia, Retno Marsudi Bahas Perlindungan WNI

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT