AS Desak Rusia Jelaskan Pergerakan Militer 'Tak Wajar' di Perbatasan Ukraina

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 11 Nov 2021 03:39 WIB
Rusia memperingati Hari Kemenangan atau Victory Day ke-76, Minggu (9/5). Peringatan itu diisi dengan parade militer Rusia.)
Foto: Ilustrasi Militer Rusia (AP/Dmitri Lovetsky)
Washington D.C -

Amerika Serikat (AS) meminta Rusia menjelaskan pergerakan militer Rusia yang dinilai 'tidak wajar' di sepanjang perbatasan Ukraina. Amerika memastikan bakal terus mengamati pergerakan tersebut dengan cermat.

Seperti dilansir AFP, Kamis (11/10/2021), Juru bicara Pentagon John Kirby mengaku prihatin dengan pergerakan pasukan militer Rusia di dalam perbatasan Rusia yang berdekatan dengan perbatasan Ukraina. Kirby tidak memberikan rincian tentang apa yang diamati militer AS tentang kegiatan militer Rusia.

"Itu tidak biasa dalam ukuran dan cakupannya," katanya.

"Tidak jelas apa niat Rusia," lanjut Kirby.

Kirby mengatakan pihaknya di Washington ingin lebih kegiatan itu. Dia mendesak Rusia untuk memperjelas niatnya dengan pergerakan militer tersebut.

"Kami tidak ingin melihat tindakan apa pun yang lebih lanjut mengacaukan apa yang sudah menjadi bagian dunia yang sangat tegang. Kami mendesak Rusia untuk memperjelas niat mereka dan mematuhi perjanjian Minsk mereka," katanya, merujuk pada perjanjian untuk mencoba dan menghentikan pertempuran di dalam Ukraina.

Lebih lanjut, Kirby mengatakan Amerika Serikat bakal terus mencermati perkembangan dari pergerakan militer Rusia tersebut. "Dukungan kami untuk integritas teritorial dan kedaulatan Ukraina tidak tergoyahkan," imbuhnya.

Lihat juga video 'Joe Biden Ejek China Klaim Pemimpin Dunia Tapi Tak Datang KTT COP26':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/maa)