Kasus Kematian COVID di Rusia Rekor Lagi, Pasokan Oksigen di RS Menipis

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 10 Nov 2021 18:35 WIB
Medical workers carry a patient suspected of having coronavirus on a stretcher at a hospital in Kommunarka, outside Moscow, Russia, Saturday, Oct. 16, 2021. Russias daily death toll from COVID-19 has exceeded 1000 for the first time as the country faces a sustained wave of rising infections. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)
Ilustrasi -- Penanganan pasien Corona di Rusia (dok. AP Photo/Alexander Zemlianichenko)
Moskow -

Kasus kematian akibat virus Corona (COVID-19) di Rusia kembali memecahkan rekor tertinggi dalam sehari. Lebih dari 1.200 kematian Corona tercatat dalam 24 jam terakhir di Rusia.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (10/11/2021), Satuan Tugas Virus Corona Pemerintah Rusia melaporkan 1.239 kematian akibat Corona dalam sehari terakhir.

Data terbaru pemerintah Rusia juga menyebut 38.058 kasus Corona terdeteksi dalam 24 jam terakhir, dengan 3.927 kasus di antaranya tercatat di Moskow.

Rekor tertinggi untuk kematian Corona harian ini terjadi beberapa hari setelah sebagian besar warga Rusia kembali bekerja usai perkantoran ditutup sementara sepekan terakhir, secara nasional, demi mengendalikan penyebaran Corona.

Presiden Vladimir Putin bulan lalu mengumumkan bahwa perkantoran ditutup sementara antara 30 Oktober hingga 7 November, dalam upaya memperlambat lonjakan kasus Corona. Penutupan perkantoran selama sepekan itu ditetapkan sebagai 'hari tidak bekerja' namun para pekerja masih akan mendapatkan upah.

Dalam pernyataan kepada parlemen Rusia pada Rabu (9/11) waktu setempat, Menteri Kesehatan Mikhail Murashko mengungkapkan bahwa cadangan oksigen di rumah sakit yang ada di 12 wilayah Rusia mulai menipis. Disebutkan Murahsko bahwa pasokan terkini diperkirakan hanya akan bertahan selama dua hari atau kurang, kecuali jika diisi ulang.

Pada saat bersamaan, sebut Murashko, beberapa daerah di Rusia mulai melaporkan penurunan jumlah penularan. Disebutkan juga bahwa kampanye vaksinasi telah membuahkan hasil karena hanya 3-4 persen warga Rusia yang divaksinasi, yang terinfeksi Corona.

Murashko menyatakan bahwa sejauh ini lebih dari 62 juta warga Rusia telah menerima setidaknya satu dosis vaksin Corona.

(nvc/jbr)