China Bikin Tiruan Kapal Induk AS di Gurun Xinjiang, Untuk Apa?

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 08 Nov 2021 15:16 WIB
AS memamerkan USS Gerald R. Ford, kapal induk yang paling mahal dalam sejarah dan tentunya berbahaya.
Ilustrasi -- Salah satu kapal induk AS, USS Gerald R. Ford (dok. Screenshot via U.S. Navy)
Beijing -

Militer China dilaporkan membangun sejumlah tiruan yang menyerupai bentuk kapal induk Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) dan kapal-kapal perang AS lainnya di area gurun di Xinjiang. Disebutkan bahwa tiruan kapal induk dan kapal perang AS itu dijadikan target latihan rudal China.

Seperti dilansir Reuters, Senin (8/11/2021), tiruan kapal induk dan kapal perang AS itu terdeteksi melalui citra satelit terbaru yang dirilis Maxar Technologies.

Tiruan ini mencerminkan upaya China untuk membangun kemampuan anti-kapal induk, khususnya terhadap Angkatan Laut AS, saat ketegangan meninggi dengan AS terkait isu Taiwan dan Laut China Selatan.

Citra satelit menunjukkan bentuk skala penuh dari sebuah kapal induk AS dan setidaknya dua kapal penghancur rudal kelas Arleigh Burke yang dibangun di sebuah lokasi, yang diduga kompleks latihan terbaru di Gurun Taklamakan, yang ada di wilayah Xinjiang, China bagian barat laut

Laporan US Naval Institute yang mengutip perusahaan intelijen geospasial All Source Analysis sebelumnya menyebut kompleks itu telah digunakan untuk uji coba rudal balistik China.

Kementerian Pertahanan China belum memberikan komentar atas laporan ini.

Program rudal anti-kapal China diketahui diawasi oleh Pasukan Roket Tentara Pembebasan Rakyat (PLARF).

Simak juga Video: Intip Kondisi Tiga Astronaut China di Stasiun Luar Angkasa Tiangong

[Gambas:Video 20detik]