Dua Terduga Pelaku Penembakan di Pantai Meksiko Ditangkap, 1 Masih Buron

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Minggu, 07 Nov 2021 11:37 WIB
EDITORS NOTE: Graphic content / Members of the Mexican Navy are seen outiside of an ambulance carrying a tourist injured during a shooting in the tourist area of Playa Tortugas in Cancun, Quintana Roo state, Mexico on June 11, 2021. - Two waiters died in the shooting. (Photo by ELIZABETH RUIZ / AE / AFP)
Pasukan keamanan Mesiko saat berjaga di lokasi penembakan pantai Meksiko beberapa waktu lalu (Foto: AFP/ELIZABETH RUIZ)
Jakarta -

Pihak berwenang Meksiko menangkap dua orang yang dicurigai terlibat dalam penembakan antar geng yang bersaing di sebuah pantai dekat resor Cancun di Karibia, Meksiko beberapa waktu lalu. Sementara 1 terduga pelaku lainnya melarikan diri.

Bentrokan bersenjata yang terjadi Kamis (4/7) ini adalah yang kedua kalinya mengguncang Riviera Maya Meksiko dalam beberapa pekan terakhir. Penembakan ini juga jadi pukulan telak bagi industri pariwisata Meksiko yang masih belum pulih dari dampak pandemi virus corona.

Kantor jaksa agung untuk negara bagian Quintana Roo mengatakan telah berhasil menemukan tiga dari empat kendaraan yang digunakan penembak untuk melakukan perjalanan ke pantai. Mereka menangkap dua orang yang sedang mengemudi, sementara satu orang terduga pelaku berhasil melarikan diri.

"Dua pengemudi ditangkap sementara satu lainnya melarikan diri, dan bahkan terjadi baku tembak dengan petugas polisi, (dia) berhasil melarikan diri ke area hutan," kata kantor jaksa agung dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir AFP, Minggu (7/11/2021).

Pihak berwenang setempat mengatakan bentrokan itu terjadi antara geng pengedar narkoba yang bersaing di sebuah pantai di Bahia Petempich, Puerto Morelos.

Pertumpahan darah terkait kartel narkoba di Meksiko telah menyebabkan lebih dari 300.000 orang terbunuh sejak pemerintah mengerahkan militer dalam perang melawan narkoba pada 2006 lalu.

Pada Oktober lalu, dua turis dari Jerman dan India tewas dalam baku tembak antara tersangka pengedar narkoba di Tulum, sementara beberapa lainnya terluka.

Sementara pada 2017, terjadi penembakan di festibal musik di Playa del Carmen. Lima orang tewas, dengan tiga di antaranya adalah turis asing.

Berbagai insiden penembakan membuat beberapa negara di Eropa dan Amerika Serikat memperingatkan warganya tentang risiko mengunjungi Karibia Meksiko, salah satu tujuan pantai top dunia.

(izt/dhn)