ADVERTISEMENT

Biden Kritik Putin karena Tak Hadiri KTT COP26, Rusia Membalas!

Mutia Safira - detikNews
Kamis, 04 Nov 2021 12:17 WIB
FILE PHOTO: Russian and U.S. state flags fly near a factory of Ford Sollers, a joint venture of U.S. carmaker Ford with Russian partners, in Vsevolozhsk, Leningrad Region, Russia March 27, 2019. REUTERS/Anton Vaganov/File Photo
ilustrasi (Foto: REUTERS/Anton Vaganov/File Photo)
Jakarta -

Pemerintah Rusia bereaksi atas kritikan Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden terhadap Presiden Vladimir Putin karena ketidakhadirannya di KTT COP26 di Glasgow. Kremlin menegaskan bahwa Rusia serius tentang perubahan iklim.

Dilansir dari kantor berita AFP, Kamis (4/11/2021), juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan "kami tidak setuju" ketika ditanya mengenai tuduhan Biden bahwa China dan Rusia gagal menunjukkan kepemimpinan dalam perubahan iklim.

"Kami tentu tidak menganggap remeh acara di Glasglow, tetapi langkah Rusia konsisten dan bijaksana dan serius," tambahnya.

Sebelumnya, Biden pada Selasa (2/11) lalu mengecam Putin karena tidak menghadiri konferensi iklim di Glasgow dan menyinggung tentang hutan-hutan yang terbakar di Rusia. "Dia memiliki masalah yang serius, masalah iklim serius, dan dia tidak mau melakukan apa pun," cetus Biden.

Selain Putin, Biden juga mengkritik Presiden China Xi Jinping karena tidak hadir di KTT COP26.

Peskov menyatakan bahwa Moskow sangat menyadari dampak perubahan iklim dan pada kenyataannya menghadapi "tantangan yang lebih serius" dibanding negara lain.

"Hutan benar-benar terbakar. Tetapi jangan lupa bahwa hutan juga sedang terbakar di California, hutan sedang terbakar di Turki, dan di negara lain," ujar Peskov.

Simak juga video 'Joe Biden Ejek China Klaim Pemimpin Dunia Tapi Tak Datang KTT COP26':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT