Lukai 17 Orang, Pelaku Penusukan di Kereta Tokyo Ditangkap

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 01 Nov 2021 09:10 WIB
Tokyo -

Seorang pria yang melakukan tindak penyerangan dengan pisau di dalam rangkaian kereta di Tokyo, Jepang, pada Minggu (31/10) waktu setempat telah ditangkap. Pria itu ditangkap terkait percobaan pembunuhan dan aksi pembakaran di dalam rangkaian kereta api tersebut.

Seperti dilansir AFP, Senin (1/11/2021), sejumlah saksi mata menuturkan kepada televisi nasional NHK bahwa penyerangan brutal itu terjadi saat perayaan Halloween ketika Tokyo dipenuhi orang-orang yang memakai kostum. Penyerangan terjadi di dalam rangkaian kereta yang melaju di jalur Keio Line, Tokyo.

Laporan media lokal menyebut pelaku yang berusia 24 tahun, yang memakai kemeja hijau dan jas warna indigo, menyerang orang-orang dengan pisau dan memicu kebakaran di dalam kereta.

Kyodo News dan NHK melaporkan bahwa 17 orang mengalami luka-luka dalam insiden ini, dengan seorang pria lanjut usia (lansia) kini dalam kondisi kritis usai ditikam pelaku.

Sebuah rekaman video yang ditayangkan NHK menunjukkan para penumpang yang panik berlarian di dalam kereta dengan asap kebakaran memenuhi gerbong dan kobaran api juga terlihat. Sebuah video lainnya yang diunggah ke Twitter menunjukkan orang-orang nekat memanjat jendela kereta untuk menyelamatkan diri.

Operator jalur kereta tersebut menuturkan layanan kereta dihentikan sebagian setelah terjadi insiden tersebut, pada Minggu (31/10) sesaat sebelum pukul 20.00 waktu setempat, di dekat Kokuryo, pinggiran Tokyo sebelah barat.

Puluhan petugas pemadam dan personel kepolisian telah dikerahkan ke lokasi.