Kematian Akibat Corona Rusia Pecah Rekor, Moskow Terapkan Lockdown

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 21:50 WIB
Moskow -

Moskow menerapkan penguncian atau lockdown terkait COVID-19. Hal itu dilakukan usai jumlah kasus Corona baru dan kematian akibat Corona dalam 1 hari mencapai level tertinggi baru.

Dilansir dari Reuters, Kamis (28/10/2021), lockdown dilakukan di sebagian Moskow di mana hanya toko-toko penting seperti apotek dan supermarket yang diizinkan tetap buka. Sekolah ditutup dan tempat kerja nasional ditutup selama seminggu mulai 30 Oktober.

Seperti Moskow, beberapa daerah di Rusia juga memulai lockdown sebagian untuk mengurangi jumlah infeksi. Penduduk Moskow diizinkan meninggalkan rumah mereka tidak seperti penguncian besar-besaran di musim panas 2020.

Namun, langkah-langkah terbaru menunjukkan meningkatnya kekhawatiran di antara para pejabat atas rekor jumlah kematian yang disebut oleh Kremlin dipicu keragu-raguan warga terhadap vaksin.

Otoritas Rusia melaporkan 1.159 kematian akibat COVID-19 dalam 24 jam terakhir yang menjadi jumlah tertinggi sepanjang pandemi. Sementara, jumlah infeksi harian menembus 40.000 kasus untuk pertama kalinya.

Di majelis rendah parlemen Duma, Vyacheslav Volodin, mengusulkan agar semua anggota parlemen divaksinasi dan menyarankan agar orang yang tersesat harus bekerja dari jarak jauh.

"Bayangkan konsekuensi bagi negara jika parlemen berhenti bekerja. Setiap hari kami melihat bagaimana rekan kami berakhir di ranjang rumah sakit," katanya.

Usulannya disambut teriakan marah dari kamar parlemen dengan seseorang yang berteriak 'Parlemen macam apa ini?'.

Banyak orang Rusia mengatakan mereka enggan untuk divaksinasi dan telah menolak empat vaksin yang telah didaftarkan Rusia, termasuk vaksin unggulan Sputnik V. Beberapa orang mengatakan mereka ragu-ragu karena ketidakpercayaan terhadap pihak berwenang, sementara yang lain menyebutkan kekhawatiran tentang keamanan vaksin Corona.

Pada 22 Oktober, data resmi menunjukkan 49,1 juta orang Rusia telah divaksinasi Corona secara lengkap. Sementara itu, total populasi Rusia secara resmi diperkirakan sekitar 144 juta jiwa.

(haf/haf)