Menlu China Akan Bertemu Delegasi Taliban di Qatar, Bahas Apa?

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 16:25 WIB
Chinese Foreign Minister Wang Yi, left, and Norwegian Foreign Minister Ine Eriksen Soreide hold a press conference after political talks they had earlier in the evening in Oslo, Thursday, Aug. 27, 2020. The visit is part of a round trip to several European countries. (Heiko Junge/NTB scanpix via AP)
Menlu China, Wang Yi (Heiko Junge/NTB scanpix via AP)
Beijing -

Menteri Luar Negeri (Menlu) China, Wang Yi, akan bertemu dengan delegasi pemerintahan Taliban yang kini berkuasa di Afghanistan. Pertemuan kedua pihak akan digelar saat Wang Yi melakukan kunjungan ke Qatar pekan ini.

Seperti dilansir Reuters, Senin (25/10/2021), Wang Yi yang juga menjabat Penasihat Negara ini akan mengunjungi Qatar selama dua hari, yakni pada 25-26 Oktober waktu setempat.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin, mengungkapkan bahwa kedua pihak akan bertukar pandangan soal situasi terkini di Afghanistan dan membahas topik-topik yang menjadi 'kekhawatiran bersama'.

"Sebagai tetangga dan mitra tradisional Afghanistan yang bersahabat, China selalu mendorong dialog dan komunikasi untuk mengarahkan perkembangan positif untuk situasi di Afghanistan," sebut Wang dalam konferensi pers di Beijing.

Pada pertengahan Agustus lalu, pemerintah Afghanistan kolaps setelah pasukan militer Amerika Serikat (AS) dan sekutunya ditarik pulang usai misi selama 20 tahun terakhir. Situasi itu membuat Taliban kembali berkuasa di Afghanistan.

Sebulan sebelumnya, delegasi Taliban telah Wang Yi di kota Tianjin, China.

Sejak saat itu, otoritas China menjanjikan bantuan untuk Afghanistan, sembari menuntut Taliban untuk menindak tegas Gerakan Islamis Turkestan Timur, sebuah kelompok yang dianggap China telah mengancam stabilitas di wilayah Xinjiang.

(nvc/ita)