Israel Akan Bangun 1.355 Permukiman di Tepi Barat, Palestina Mengecam!

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 15:14 WIB
A general view picture shows home in the Israeli outpost of Palgey Maim, in the occupied West Bank February 6, 2017. REUTERS/Baz Ratner
Ilustrasi (dok. REUTERS/Baz Ratner)
Ramallah -

Otoritas Palestina mengecam Israel karena menyetujui tender untuk pembangunan permukiman baru bagi warganya di wilayah Tepi Barat. Lebih dari 1.355 unit permukiman baru direncanakan akan dibangun di wilayah pendudukan itu.

Seperti dilansir Xinhua News Agency, Senin (25/10/2021), kecaman itu disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri Palestina yang menyebut 'meloloskan tender untuk membangun lebih dari 1.355 unit permukiman merupakan kegigihan resmi Israel untuk tetap membangun permukiman di wilayah Palestina'.

Kementerian Luar Negeri Palestina juga mengutuk pembangunan permukiman Yahudi yang terus berlanjut di Tepi Barat dan Yerusalem Timur.

"Pengabaian terang-terangan terhadap posisi internasional dan AS (Amerika Serikat) yang menolak permukiman," sebut pernyataan Kementerian Luar Negeri Palestina.

Lebih lanjut, Kementerian Luar Negeri Palestina memperingatkan dampak 'proyek permukiman yang memicu petaka terhadap peluang mencapai perdamaian dengan didasarkan pada prinsip solusi dua negara'.

Pernyataan itu menegaskan agar pemerintah Israel bertanggung jawab sepenuhnya. "Bertanggung jawab penuh dan secara langsung atas konsekuensi dari keputusannya yang melanggar semua garis merah," cetus Kementerian Luar Negeri Palestina terhadap otoritas Israel.

Pada Minggu (24/10) waktu setempat, media-media Israel melaporkan bahwa pemerintah Israel merilis tender untuk pembangunan sekitar 1.355 unit rumah baru di area permukiman yang sudah ada di wilayah Tepi Barat.

Lihat juga video 'Bertemu Kamala Harris, Israel Bicara soal Hak Hidup Warga Palestina-Nuklir Iran':

[Gambas:Video 20detik]