Kereta Metro Taiwan Sempat Terhenti saat Diguncang Gempa M 6,5

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 24 Okt 2021 15:22 WIB
Ilustrasi gempa bumi (iStock)
Foto: Ilustrasi gempa bumi (iStock)
Taipei -

Kereta metro Taiwan sempat terhenti saat gempa berkekuatan magnitudo (M) 6,5 mengguncang Taiwan. Operator menghentikan operasional sementara untuk melakukan pemeriksaan keamanan kereta.

Seperti dilansir Reuters, Minggu (24/10/2021) Taiwan Diguncang gempa hari ini, pukul 13:11 (0511 GMT) waktu setempat. Gempa yang berpusat di wilayah Yilan terjadi di kedalaman 67 kilometer (42 mil).

Akibat gempa, Kereta Metro Taipei (MRT) ditutup sebentar dan tak lama kembali beroperasi. Operator listrik yang dikelola negara mengatakan jaringan beroperasi seperti biasa, sementara administrasi perkeretaapian mengatakan sedang melakukan inspeksi di bagian rel kereta.

Salah seorang penumpang menceritakan apa yang dirasakannya saat gempa terjadi Tom Parker, seorang ilustrator Inggris yang tinggal di Taipei, menceritakan dirinya sedang di dalam kereta.

"Pertama kali saya merasakan gempa di MRT. Seperti rollercoaster yang jinak," katanya.

Lantaran guncangan gempa, Tom Parker dan penumpang lainnya diperintahkan untuk berlindung di stasiun untuk saat ini. Tak berselang lama, layanan kereta kembali beroperasi seperti biasa.

Guncangan gempa Taiwan juga menyebabkan pabrik pembuat chip terbesar di dunia, Taiwan Semiconductor Manufacturing Co Ltd (TSMC) melakukan evakuasi para pekerjanya.

"Pekerja di pabrik TSMC di Taiwan utara dievakuasi selama gempa sesuai prosedur perusahaan, dan semua sistem keselamatan berfungsi normal," katanya dalam sebuah pernyataan singkat.

Di pusat gempa di wilayah Yilan, guncangan gempa terasa sekitar 30 detik lamanya. Dinding rumah terasa bergetar.

"Dinding rumah bergetar, baik ke samping maupun ke atas dan ke bawah, rasanya cukup kuat," kata seorang saksi mata.

Simak juga 'Detik-detik Kereta Super Cepat Berhenti saat Gempa Melanda Jepang':

[Gambas:Video 20detik]



Gempa yang mengguncang Taiwan juga membuat media sosial heboh. Banyak warganet melaporkan apa yang dirasakannya saat gempa terasa.

"Saya takut setengah mati, saya berteriak di kamar saya," tulis Yu Ting di Facebook.

"Gempa ini sangat besar, kaca telah pecah di ruang tamu saya."

Guncangan gempa juga menyebabkan rak-rak toko yang menyimpan berbagai bahan makanan jatuh.

Taiwan diketahui memang berada di pertemuan dua lempeng tektonik bumi. Dengan kondisi itu, Taiwan sering dilanda gempa, mulai gempa ringan hingga gempa dahsyat seperti yang terjadi pada September 1999, di mana gempa berkekuatan 7,6 M menyebabkan 2.400 orang tewas.

(izt/dhn)