Bela China, Korea Utara Ikut Kecam Dukungan AS untuk Taiwan

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 23 Okt 2021 16:11 WIB
North Korean often uses military parades to show off its latest weapons Ed JONES AFP/File
Ilustrasi (Ed JONES/AFP/File)

Korut juga semakin mengkritik peran keamanan AS yang lebih luas di Asia Pasifik di tengah persaingan yang semakin ketat dengan China, sekutu utama dan penyambung kehidupan ekonomi Korut. Bulan lalu, Korut mengancam akan melakukan langkah balasan yang tidak ditentukan menyusul keputusan pemerintahan Biden menyediakan kapal selam bertenaga nuklir ke Australia.

"Ini adalah fakta yang diketahui bahwa tentara AS dan pangkalan militernya (di Korea Selatan) digunakan untuk menekan China dan bahwa kekuatan besar AS dan negara-negara satelitnya, yang terkonsentrasi di dekat Taiwan, bisa berkomitmen pada operasi militer menargetkan DPRK setiap saat," ucap Pak, merujuk pada nama resmi Korut, Republik Demokratik Rakyat Korea.

Lebih lanjut disebutkan Pak bahwa kehadiran militer yang meningkat dari 'kekuatan bermusuhan' yang dipimpin AS di kawasan didasarkan pada 'pernyataan lemah' bahwa Korut dan China akan memicu masalah di Taiwan dan Semenanjung Korea.

"Kenyataan ini membuktikan bahwa AS sedang dalam upaya melumpuhkan negara kita dan China, keduanya negara sosialis, demi mempertahankan supremasinya," sebutnya.


(nvc/idh)