Korsel Siap Luncurkan Roket Luar Angkasa Buatan Dalam Negeri

Mutia Safira - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 16:20 WIB
Ilustrasi bendera Korea Selatan
Foto: Ilustrasi
Jakarta -

Korea Selatan dijadwalkan untuk melakukan uji peluncuran pertama roket buatan dalam negeri ke luar angkasa pada Kamis (21/10) ini, sebagai langkah besar untuk memulai program luar angkasa negara tersebut.

Dilansir dari kantor berita Reuters dan Channel News Asia, Kamis (21/10/2021), roket KSLV-II NURI tiga tahap yang dihiasi dengan bendera Korea Selatan berdiri di landasan peluncurnya di Pusat Antariksa Naro, menjelang peluncuran yang dijadwalkan pada pukul 17.00 waktu setempat dengan membawa satelit tiruan.

Roket NURI atau "dunia", dirancang untuk menempatkan muatan 1,5 ton ke orbit 600-800 km di atas bumi. Ini sejalan dengan rencana masa depan Korsel tentang peluncuran satelit pengawasan, navigasi, komunikasi dan bahkan penyelidikan bulan.

Peluncuran itu secara tentatif dijadwalkan satu jam sebelumnya, tetapi otoritas mengatakan mereka menghadapi penundaan dalam memeriksa katup di pesawat itu. Kondisi cuaca juga dipantau di tengah laporan angin kencang di bagian atas atmosfer.

"Roket itu sendiri tidak memiliki masalah," ujar Yong Hong-taek, Wakil Menteri Pertama Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dalam sebuah pengarahan di pusat antariksa.

Diawasi oleh Korea Aerospace Research Institute (KARI), roket seberat 200 ton tersebut dipindahkan ke landasan peluncurannya pada Rabu (20/10) dan diangkat ke posisinya.

Peluncuran luar angkasa telah lama menjadi isu sensitif di semenanjung Korea, di mana Korea Utara berulang kali menghadapi sanksi atas program rudal balistik senjata nuklirnya.

Simak juga 'Korsel Uji Coba Rudal Balistik dari Kapal Selam, Ini Wujudnya':

[Gambas:Video 20detik]