India Sudah Berikan 1 Miliar Dosis Vaksin COVID-19 untuk Warganya

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 13:49 WIB
Doctors wearing PPE uniforms white gloves are inoculating the arm muscles to prevent COVID 19.
ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Worayuth Kamonsuwan)
Jakarta -

Otoritas India telah memberikan satu miliar dosis vaksin COVID-19 untuk warganya terhitung hingga Kamis (21/10) ini.

Demikian diumumkan Kementerian Kesehatan India, setengah tahun setelah lonjakan besar-besaran kasus infeksi virus Corona yang membuat sistem kesehatan hampir kolaps.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (21/10/2021), menurut pemerintah India, sekitar tiga perempat orang dewasa di negara berpenduduk 1,3 miliar orang itu telah mendapat dosis pertama dan sekitar 30 persennya sudah divaksinasi lengkap atau mendapatkan dua dosis.

India mengalami lonjakan besar dalam kasus COVID-19 pada bulan April dan Mei lalu, melaporkan lebih dari 400.000 infeksi dan 4.000 kematian per hari, dengan banyak rumah sakit tidak mampu mengatasinya dan krematorium pun kewalahan.

Sejak itu kasus telah turun tajam, dengan kurang dari 15.000 kasus infeksi per hari, dan sebagian besar aktivitas telah kembali normal.

Sejauh ini di dunia, hanya China yang memberikan lebih banyak dosis. Pemerintah China menyatakan telah memberikan lebih dari 2,3 miliar dosis vaksin.

Pemerintah India dilaporkan akan merayakan tonggak sejarah tersebut dengan Perdana Menteri Narendra Modi berterima kasih kepada petugas kesehatan. Pengumuman khusus juga dibuat di stasiun kereta api dan bandara serta monumen yang dinyalakan dengan warna nasional.

Menteri Kesehatan Mansukh Mandaviya akan meluncurkan lagu khusus oleh penyanyi Kailash Kher dan sebuah film audio-visual di New Delhi, ibu kota India.

"Selamat India! Ini adalah hasil dari kepemimpinan hebat PM Modi yang visioner," tulis Mandaviya di Twitter.

Simak juga 'India Siap Buka Pintu Masuk untuk Turis Mancanegara':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)