Rusia Cetak Rekor Kematian Corona Tertinggi Sejak Awal Pandemi!

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 18:41 WIB
Medical workers carry a patient suspected of having coronavirus on a stretcher at a hospital in Kommunarka, outside Moscow, Russia, Saturday, Oct. 16, 2021. Russias daily death toll from COVID-19 has exceeded 1000 for the first time as the country faces a sustained wave of rising infections. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)
Petugas medis di Rusia membawa pasien Corona ke dalam sebuah rumah sakit di Kommunarka, luar Moskow (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)
Moskow -

Otoritas Rusia mencatat lebih dari 1.000 kematian akibat virus Corona (COVID-19) dalam sehari di wilayahnya. Angka ini mencetak rekor tertinggi untuk tambahan kematian harian Corona di negara tersebut.

Seperti dilansir Associated Press, Senin (19/10/2021), satuan tugas COVID-19 pada pemerintah Rusia melaporkan 1.015 kematian akibat Corona tercatat dalam 24 jam terakhir. Jumlah ini merupakan angka kematian Corona tertinggi dalam sehari sejak awal pandemi merebak.

Dengan tambahan tersebut, maka total kematian Corona di Rusia kini mencapai 225.325 orang -- sejauh ini yang tertinggi di Eropa. Total kematian Corona di Rusia itu tercatat sebagai angka kematian tertinggi kelima di dunia, setelah Amerika Serikat (AS), Brasil, India dan Meksiko.

Otoritas Rusia juga melaporkan tambahan 33.740 kasus Corona dalam sehari terakhir. Ini berarti Rusia saat ini mencatat total lebih dari 8 juta kasus Corona di wilayahnya.

Angka kematian harian Corona di Rusia terus naik dalam beberapa pekan terakhir dan melampaui angka 1.000 kematian sehari untuk pertama kalinya pada akhir pekan lalu. Kenaikan angka kematian ini terjadi di tengah laju vaksinasi yang lamban dan keengganan otoritas Rusia memperketat pembatasan Corona.

Otoritas Rusia berupaya mempercepat laju vaksinasi dengan mengerahkan lotre, memberikan bonus dan insentif lainnya. Namun meluasnya skeptisisme terhadap vaksin Corona dan sinyal yang bertentangan dari pemerintah menghambat upaya tersebut.

Pada Senin (18/10) waktu setempat, satuan tugas COVID-19 Rusia menyatakan baru sekitar 45 juta warga Rusia, atau 32 persen dari total 146 juta jiwa populasi Rusia, yang sudah divaksinasi secara penuh.