Rekor Lagi! Rusia Laporkan 34.303 Kasus Corona dalam Sehari

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 17 Okt 2021 16:28 WIB
Dalam 24 jam terakhir, Rusia mencatatkan rekor kematian imbas Corona mencapai 652 orang sehari. Angka tersebut merupakan yang tertinggi hingga saat ini.
Ilustrasi (Foto: AP Photo)
Moskow -

Rusia kembali mencatatkan rekor tertinggi kasus harian COVID-19. Angka ini adalah yang tertinggi sejak awal pandemi di Rusia.

Seperti dilansir Reuters, Minggu (17/10/2021) dari data yang dirilis pemerintah Rusia, tercatat ada 34.303 kasus infeksi virus corona baru dalam 24 jam terakhir. Sementara kasus kematian harian turun sedikit dari hari sebelumnya, yakni 999 kematian dalam 24 jam.

Dengan penambahan tersebut, total kasus kematian nasional mencapai 223.312 kasus. Sementara kasus COVID-19 di Rusia hampir 8 juta kasus.

Pihak berwenang Rusia menyalahkan kampanye vaksinasi yang lambat atas peningkatan tajam kasus baru dan kematian. Akibat lonjakan ini, Kementerian Kesehatan kembali meminta para pensiunan dan tenaga medis yang telah divaksinasi untuk kembali ke rumah sakit di seluruh Rusia untuk menangani para pasien COVID-19.

Sebelumnya, pemerintah Rusia menolak keras untuk memberlakukan kembali pembatasan besar-besaran, meskipun mengakui rendahnya tingkat vaksinasi negara itu 'tidak dapat diterima'.

Pekan ini, pemerintah Rusia telah mengatakan bahwa pihak berwenang harus memastikan 'ekonomi terus bekerja'.

Pada hari Kamis (14/10) waktu setempat, juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov sekali lagi mengesampingkan lockdown, dan mengatakan bahwa pihak berwenang harus 'terus menjelaskan kepada orang-orang tentang perlunya divaksinasi'.

"Tidak bertanggung jawab jika tidak mendapatkan vaksin," katanya kepada wartawan.

Sementara itu, Peskov menambahkan bahwa sistem perawatan kesehatan Rusia siap untuk menghadapi lonjakan pasien COVID-19, dengan mengatakan bahwa rumah sakit tidak "kewalahan".

"Seluruh infrastruktur medis dimobilisasi," katanya.

Jajak pendapat independen menunjukkan bahwa lebih dari setengah warga Rusia tidak berencana untuk divaksinasi.

Simak Video: 5 Hari Berturut-turut, Rusia Cetak Rekor Kematian Covid-19

[Gambas:Video 20detik]



(izt/knv)