China Kejutkan AS Lewat Uji Coba Rudal Hipersonik

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 17 Okt 2021 15:41 WIB
Korea Utara (Korut) telah berhasil menguji coba rudal hipersonik pada Selasa (28/9) waktu setempat. Ini akan menjadi kemajuan terbaru negara bersenjata nuklir tersebut dalam teknologi senjata.
China Kejutkan AS Lewat Uji Coba Rudal Hipersonik -- ilustrasi (Foto: AP Photo/Ahn Young-joon )
Jakarta -

China terungkap telah melakukan uji coba rudal hipersonik berkemampuan nuklir pada Agustus lalu. Temuan ini pun mengejutkan intelijen Amerika Serikat.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Minggu (17/10/2021) fakta tersebut dilaporkan oleh laman berita Financial Times, yang mengutip dari 5 sumber yang tak disebutkan namanya. Dalam laporan yang diterbitkan Sabtu (16/10) lalu, dikatakan militer China meluncurkan sebuah rudal di ruang orbit rendah. Rudal melesat sekitar 20 mil atau sekitar 32 kilometer.

"Uji coba tersebut menunjukkan bahwa China telah membuat kemajuan yang mencengangkan dalam hal senjata hipersonik dan jauh lebih maju daripada yang disadari para pejabat AS," kata laporan itu.

Juru bicara Pentagon, John Kirby, mengatakan tidak akan mengomentari secara spesifik laporan tersebut. Namun dirinya menyebut "Kami telah memperjelas kekhawatiran kami tentang kemampuan militer yang terus dikejar China, kemampuan yang hanya meningkatkan ketegangan di kawasan dan sekitarnya. Itulah salah satu alasan mengapa kami menganggap China sebagai tantangan nomor satu kami."

Hingga kini Kementerian Pertahanan China belum menanggapi soal laporan tersebut.

Rudal balistik terbang ke luar angkasa dalam bentuk busur untuk mencapai target mereka. Sementara rudal hipersonik sulit dipertahankan lantaran terbang di ketinggian yang lebih rendah di atmosfer namun dapat mencapai target lebih dari lima kali kecepatan suara - atau sekitar 6.200 km per jam (3.850 mph). Rudak hipersonik juga lebih sulit untuk dilacak.

Diketahui Amerika Serikat dan Rusia juga mengembangkan rudal hipersonik. Bahkan bulan lalu, Korea Utara mengaku telah melakukan uji coba rudal hipersonik yang baru dikembangkan.

Sebelumnya, pada parade 2019, China juga memamerkan persenjataan canggihnya, termasuk sebuah rudal hipersonik yang dikenal sebagai DF-17.

Laporan uji coba itu muncul di tengah meningkatnya ketegangan antara China dan AS, di mana China telah meningkatkan aktivitas militer di dekat Taiwan, negara demokrasi yang dianggap China bagian dari wilayahnya.

Simak juga Video: Rusia Usir Kapal AS yang Dekati Perbatasan Teritorialnya di Laut Jepang

[Gambas:Video 20detik]




(izt/knv)