Serangan Bom Masjid Afghanistan Dilakukan Pembom Bunuh Diri ISIS

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 16 Okt 2021 09:34 WIB
Members of Taliban stand guard near a Shiite mosque in Kandahar province on October 15, 2021, after at least 16 people were killed and 32 wounded when explosions hit a Shiite mosque, a hospital spokesman told AFP. (Photo by JAVED TANVEER / AFP)
Anggota Taliban menjaga area sekitar masjid Syiah di Kandahar yang diguncang ledakan saat salat Jumat (Foto: AFP/JAVED TANVEER)

Setidaknya 15 ambulans terlihat bergegas ke dan dari tempat kejadian, saat aparat keamanan Taliban mengepung daerah itu.

Saksi mata berbicara tentang adanya tembakan selain ledakan, dan seorang penjaga keamanan yang ditugaskan untuk menjaga masjid mengatakan tiga rekannya telah ditembak ketika para pembom menerobos masuk.

Penjaga keamanan tersebut, Sayed Rohullah mengatakan kepada AFP: "Saat itu adalah waktu salat Jumat, dan ketika kami bersiap, saya mendengar suara tembakan. Dua orang telah memasuki masjid.

"Mereka telah menembaki para penjaga dan sebagai balasan para penjaga juga menembaki mereka. Salah satu dari mereka melakukan ledakan bunuh diri di dalam masjid," tuturnya.

Dikatakannya, bom-bom lain diledakkan di daerah ramai di luar gedung utama.

"Kami sedih mengetahui bahwa ledakan terjadi di sebuah masjid persaudaraan Syiah di distrik pertama kota Kandahar, di mana sejumlah rekan kami menjadi martir dan terluka," demikian postingan juru bicara Kementerian Dalam Negeri Taliban Qari Sayed Khosti di Twitter.


(ita/ita)