Parlemen Texas Larang Gadis Transgender Ikut Tim Olahraga Sekolah

Arief Ikhsanudin - detikNews
Sabtu, 16 Okt 2021 02:15 WIB
ilustrasi LGBT, LGBT, Gay, sex, lesbian, transgender (Andhika-detikcom)
Foto: ilustrasi LGBT (Andhika-detikcom)
Jakarta -

Parlemen Texas, Amerika Serikat (AS) mengesahkan undang-undang yang melarang perempuan dan gadis transgender ikut tim olahraga di sekolah. Sehingga, tim olahraga sekeloh tidak bisa memiliki anggota transgender.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (16/10/2021), Texas siap bergabung dengan tujuh negara bagian lain yang meloloskan undang-undang serupa tahun ini. Aturan itu bertujuan untuk mencegah perempuan dan anak perempuan transgender bersaing di tim olahraga wanita.

Pihak konservatif mendukung langkah tersebut dan disebut untuk menjunjung persaingan yang adil. Sementara itu, ativis persamaan hak asasi mengkritik kampanye tersebut sebagai serangan diskriminatif, terhadap orang-orang transgender, dengan mengatakan tidak ada bukti waniya yang gadis trans mendominasi olahraga.

Analis politik mengatakan kampanye aturan itu dimaksudkan untuk menghidupkan pendukung inti Partai Republik. "Tidak ada bukti bahwa ada masalah. Ini adalah daging merah untuk dasarnya," kata Robert Stein, profesor ilmu politik di Rice University di Houston.

(aik/aik)