Round Up

Catatan Sejarah di AS Kala Transgender Jabat Wakil Menteri Kesehatan

Tim Detikcom - detikNews
Jumat, 26 Mar 2021 05:54 WIB
Transgender AS yang menjabat asisten Menkes, Rachel Levine
Rachel Levine, transgender wanita pertama di AS yang mengisi jabatan pemerintahan (Foto: Caroline Brehman/Pool via AP, File)
Washington DC -

Amerika Serikat (AS) menorehkan catatan sejarah baru usai pemerintahan Presiden Joe Biden mengukuhkan seorang wanita transgender untuk mengisi jabatan krusial di pemerintahan. Wanita tersebut bernama Rachel Levine, dokter penyakit anak yang ditunjuk sebagai Wakil Menteri Kesehatan.

Seperti dilansir AFP, Kamis (25/3/2021) dalam voting Senat, pencalonan Levine disahkan dengan perbandingan suara 52 setuju dan 48 menolak, dengan dua anggota dari Partai Republik bergabung dengan semua anggota dari Demokrat untuk mendukung Levine, seorang profesor pediatri dan psikiatri di Penn State College of Medicine.

Jabatan Levine sebagai Wakil Menteri di Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan akan membawanya menjadi bagian dari tim yang memimpin penanganan pandemi COVID-19, yang telah menyebabkan kematian lebih dari 545.000 orang di AS.

Diketahui sebelumnya, Levine memimpin Departemen Kesehatan Pennsylvania. Keputusan Biden itu disebut kontras dengan kebijakan presiden sebelumnya, Donald Trump, yang dipandang diskriminatif.

"Dr. Levine menjadi orang Amerika transgender pertama yang mendapat konfirmasi dari Senat adalah momen penting dalam sejarah AS," kata juru bicara Gedung Putih, Matt Hill melalui unggahan di Twitter.

"Sebuah pemerintahan rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat - untuk SEMUA orang," cuitnya.

Pekan lalu, Senat AS juga menorehkan sejarah baru dengan menunjuk seorang warga latin pertama yang memimpin departemen kesehatan. Jaksa Agung California, Xavier Becerra ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan AS yang baru.

Simak video 'Biden Cabut Aturan Trump, Kini Transgender Boleh Jadi Tentara AS':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2