Ledakan Guncang Masjid di Afghanistan, 7 Orang Tewas

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 17:28 WIB
masjid.
Ilustrasi masjid (dok. detikcom/Dikhy Sasra)
Kabul -

Sejumlah ledakan mengguncang sebuah masjid Syiah di kota Kandahar, Afghanistan. Ledakan dilaporkan terjadi saat jemaah sedang menunaikan salat Jumat.

"Sejauh ini tujuh orang tewas dan 13 lainnya yang luka-luka telah dibawa ke rumah sakit kami," tutur seorang dokter di rumah sakit pusat kota Kandahar, seperti dilansir AFP, Jumat (15/10/2021),

Penyebab ledakan itu belum diketahui secara jelas. Namun diketahui bahwa sepekan lalu, ledakan bom bunuh diri mengguncang sebuah masjid Syiah lainnya di kota Kunduz, yang kemudian diklaim oleh kelompok militan Islamic State-Khorasan (IS-K atau ISIS-K).

Seorang saksi mata menuturkan kepada AFP bahwa dirinya mendengar tiga suara ledakan, satu di pintu utama masjid, satu lainnya di area selatan masjid dan satu lagi di tempat wudhu para jemaah.

Dituturkan seorang saksi mata lainnya bahwa tiga ledakan mengguncang masjid yang ada di pusat kota Kandahar itu saat salat Jumat, saat masjid ramai jemaah.

Sejumlah foto dari para jurnalis lokal yang diposting ke media sosial, seperti dilansir Reuters, menunjukkan banyak orang yang meninggal atau mengalami luka serius dengan darah menggenang di lantai masjid.

Salah satu mantan anggota dewan provinsi setempat, Nematullah Wafa, menyebut nama masjid yang diguncang ledakan adalah Masjid Imam Bargah. Dia juga menyebutkan bahwa tujuh orang tewas dan 13 orang lainnya luka-luka, sembari memperingatkan bahwa jumlah korban jiwa masih bisa bertambah.

Simak juga 'Kondisi Terkini Ratusan Pengungsi Afghanistan di Korea Selatan':

[Gambas:Video 20detik]