Gegara Taliban, Maskapai Pakistan Setop Terbang ke Afghanistan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 12:49 WIB
maskapai Pakistan International Airline
Ilustrasi (dok Pakistan International Airlines)
Kabul -

Maskapai penerbangan Pakistan International Airlines (PIA) menangguhkan penerbangan ke Kabul, Afghanistan. Penangguhan dilakukan setelah terjadi apa yang disebut sebagai campur tangan kasar oleh pemerintahan Taliban, yang kini berkuasa di Afghanistan.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (15/10/2021), PIA menyebut Taliban melakukan perubahan aturan secara sewenang-wenang dan intimidasi terhadap para staf di Kabul.

"Kami menangguhkan operasional penerbangan kami ke Kabul mulai hari ini karena kekasaran otoritas setempat," sebut juru bicara PIA dalam pernyataannya pada Kamis (14/10) waktu setempat.

Disebutkan juga oleh PIA bahwa sejak pemerintahan baru Taliban terbentuk, staf maskapai mereka di Kabul menghadapi perubahan aturan dan izin terbang pada menit-menit akhir, juga menghadapi 'perilaku sangat mengintimidasi' dari para komandan Taliban.

Menurut PIA, perwakilannya di Afghanistan pernah ditahan dan ditodong senjata api selama berjam-jam dan baru dibebaskan setelah Kedutaan Besar Pakistan di Kabul turun tangan.

Penangguhan penerbangan ini diketahui diputuskan saat pemerintah Taliban memerintahkan PIA, satu-satunya maskapai internasional yang beroperasi secara rutin dari Kabul, untuk menurunkan harga tiket hingga ke level pada saat Afghanistan belum dikuasai Taliban.

Sebelumnya, Taliban memperingatkan PIA dan maskapai Afghanistan, Kam Air, bahwa operasional mereka berisiko diblokir kecuali mereka sepakat menurunkan harga tiket, yang telah melonjak naik hingga ke level yang tidak terjangkau oleh kebanyakan warga Afghanistan.

Simak juga video 'Hak Perempuan Afghanistan Dirampas Taliban, Sekjen PBB Khawatir':

[Gambas:Video 20detik]