Biden dan Xi Jinping Bakal Bertemu Secara Virtual di Akhir Tahun

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 07 Okt 2021 04:27 WIB
Chinese President Xi Jinping and US President Joe Biden talked by phone for the second time this year (NICOLAS ASFOURI, Nicholas Kamm/AFP/File)
Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Joe Biden (NICOLAS ASFOURI, Nicholas Kamm/AFP/File)
Washington DC -

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping dijadwalkan akan bertemu melalui tautan video di akhir tahun. Rencana pertemuan Biden dengan Xi Jinping disampaikan pejabat AS.

Seperti dilansir AFP, Kamis (7/10/2021), ada kesepakatan prinsip untuk pertemuan bilateral secara virtual, kata pejabat itu kepada wartawan dengan anonim.

"Presiden mengatakan betapa senangnya melihat Xi yang tidak dia lakukan selama beberapa tahun," kata pejabat itu.

"Kami berharap mereka memiliki kemampuan untuk bertemu satu sama lain, meskipun hanya secara virtual," ujarnya.

Pejabat itu mengutip laporan berita bahwa Xi tidak akan menghadiri pertemuan para pemimpin G-20 mendatang di Roma, yang akan menjadi tempat bagi Biden untuk mengatur pertemuan bilateral.

Pertemuan virtual itu diumumkan setelah Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan bertemu di Zurich dengan diplomat top China, Yang Jiechi. Pejabat senior itu mengatakan pembicaraan itu berlangsung enam jam.

Perjalanan Sullivan melanjutkan peningkatan kontak antara Beijing dan Washington, ketika Biden berpendapat untuk membangun 'pagar pembatas' untuk persaingan yang berkembang antara kedua kekuatan.

Ketegangan meningkat atas sikap agresif China terhadap Taiwan, keputusan AS untuk menjual kapal selam nuklir ke Australia, sengketa perdagangan dan pelanggaran hak asasi manusia terhadap Uyghur di Xinjiang.

Tonton Video: Utusan AS-China Bertemu di Tengah 'Tensi Tinggi' Kedua Negara

[Gambas:Video 20detik]