Tempat Persembunyian Yahudi Selama Pendudukan Nazi Ditemukan di Ukraina

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 06 Okt 2021 06:38 WIB
Terowongan Nazi di Polandia
Ilustrasi tempat persembunyian Yahudi (Foto: Reuters)
Kiev -

Tempat persembunyian orang-orang Yahudi selama pendudukan Nazi di Ukraina ditemukan. Tempat persembunyian itu berada di saluran pembuangan bawah tanah.

Dilansir Reuters, penemuan ini berawal dari sejarawan lokal Hanna Tychka dan sejumlah penggali menemukan daerah tempat keluarga Chiger tinggal pada tahun 1943. Tychka menemukan sejumlah petunjuk dari sejumlah buku catatan orang-orang Yahudi

Disinyalir tempat persembunyian itu dibangun oleh Ignacy Chiger dan anaknya, Krystyna Chiger, yang melarikan diri dari kejaran Nazi. Keduanya menggali terowongan ke sistem pembuangan limbah kota lalu menuliskan pengalaman mereka ke dalam sebuah catatan.

Ignacy dan Krystyna menggali terowongan sepanjang 7 meter dari barak penampungan orang Yahudi menuju saluran pembuangan. Keduanya menghancurkan dinding-dinding saluran setebal 90 cm.

"Mereka harus bekerja dengan tenang agar Nazi tidak mengetahui bahwa aktivitas penggalian sedang terjadi di ruang bawah tanah barak. Orang-orang Yahudi menggunakan palu yang dibungkus kain lap," kata Tychka kepada Reuters.

Tempat persembunyian itu berupa gua kecil. Gua tersebut dipercaya sebagai tempat orang Yahudi menghabiskan malam pertama mereka sebelum pindah ke tempat penampungan yang lebih besar di saluran pembuangan kotoran.

Pada tempat penampungan yang lebih besar, Tychka dan tim-nya menemukan artefak yang mereka yakini digunakan oleh orang-orang Yahudi untuk bersembunyi. Termasuk di antaranya piring berkarat, patung domba, dan bekas karbida yang digunakan untuk lentera.

Mereka juga menemukan pecahan kaca yang ditempatkan di antara batu bata di dinding, yang digunakan untuk mencegah tikus mencuri makanan. Kepada Reuters, Tychka juga menunjukkan pipa yang dipercaya digunakan keluarga Yahudi untuk mengambil air minum.

Diketahui lebih dari 100 ribu orang Yahudi di wilayah Ukraina dibunuh Nazi selama perang dunia 2.

Lihat juga Video: 87,5 Tahun Dicuri Nazi, Lukisan Winter Karya Gari Melchers Kembali

[Gambas:Video 20detik]



(isa/gbr)