Fumio Kishida Resmi Jadi PM Baru Jepang

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 04 Okt 2021 14:18 WIB
Japan’s former Foreign Minister Fumio Kishida attends a press conference at the headquarters of the Liberal Democratic Party after he was elected as party president in Tokyo Wednesday, Sept. 29, 2021. Kishida won the governing party leadership election on Wednesday and is set to become the next prime minister, facing the imminent task of addressing a pandemic-hit economy and ensuring a strong alliance with Washington to counter growing regional security risks. (Du Xiaoyi/Pool Photo via AP)
PM baru Jepang, Fumio Kishida (Du Xiaoyi/Pool Photo via AP)
Tokyo -

Parlemen Jepang resmi memilih Fumio Kishida sebagai Perdana Menteri (PM) selanjutnya bagi negara tersebut. Kishida menggantikan Yoshihide Suga yang mengundurkan diri.

Seperti dilansir AFP, Senin (4/10/2021), Kishida mengalahkan kandidat populer Tao Kono, yang memimpin program vaksinasi virus Corona (COVID-19) di Jepang dalam voting pemilihan Ketua Partai Demokratik Liberal (LDP) yang berkuasa di Jepang, pekan lalu.

Dia dengan mudah memenangkan voting di majelis rendah parlemen pada Senin (4/10) waktu setempat, dimana koalisi berkuasa yang menuangi LDP memegang suara mayoritas. Kishida resmi terpilih sebagai PM Jepang dengan 311 suara mendukung, melawan 124 suara untuk pemimpin oposisi Yukio Edano.

"Majelis ini menunjuk Fumio Kishida sebagai Perdana Menteri," tegas ketua majelis rendah dalam parlemen Jepang, Tadamori Oshima, usai voting digelar.

Majelis tinggi juga akan menggelar voting sendiri, tapi majelis rendah yang memegang kendali atas keputusan itu. Voting akan digelar majelis tinggi tak lama setelah voting majelis rendah.

Kishida membungkukkan badan untuk berterima kasih kepada para anggota parlemen usai voting digelar, namun dia belum memberikan komentar. Sebelumnya, dia hanya memberitahu wartawan setempat bahwa dirinya siap untuk pekerjaan barunya ini.

"Saya pikir itu akan menjadi awal yang baru dalam arti sebenarnya," sebutnya. "Saya ingin menghadapi tantangan dengan kemauan yang kuat dan tekad yang teguh untuk menghadapi masa depan," imbuh Kishida.