Ledakan Guncang Masjid Kabul Saat Doa Pemakaman Ibunda Jubir Taliban

ADVERTISEMENT

Ledakan Guncang Masjid Kabul Saat Doa Pemakaman Ibunda Jubir Taliban

Tim Detikcom - detikNews
Senin, 04 Okt 2021 09:42 WIB

Area di sekitar masjid langsung diblokir dan dijaga ketat oleh Taliban, usai ledakan terjadi. Lokasi tampak telah dibersihkan pada sore harinya, dengan satu-satunya tanda bekas ledakan ada pada kerusakan ringan pada gerbang masuk masjid.

Secara terpisah, Juru bicara Taliban lainnya, Bilal Karimi, menyebut tiga tersangka telah ditangkap terkait ledakan ini. Dia tidak memberikan penjelasan lebih lanjut soal identitas para tersangka.

Karimi hanya menegaskan bahwa penyelidikan terhadap insiden ini tengah berlangsung. Dia juga menyatakan tidak ada petempur Taliban yang menjadi korban ledakan ini.

Meskipun belum ada kelompok maupun pihak tertentu yang mengklaim bertanggung jawab atas ledakan ini, kecurigaan jatuh pada ekstremis Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) yang diketahui meningkatkan serangan terhadap Taliban di Afghanistan dalam beberapa pekan terakhir.

Ledakan ini disebut sebagai yang paling serius terjadi di Kabul sejak tentara Amerika Serikat (AS) ditarik pulang pada Agustus lalu.

Beberapa jam usai ledakan terjadi, media lokal melaporkan bahwa baku tembak sengit terjadi di Karezimir, sebuah area di sebelah utara Kabul. Warga setempat menuturkan mereka mendengar suara ledakan dan tembakan senjata. Belum diketahui pasti siapa yang terlibat baku tembak itu.


(nvc/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT