Ledakan Guncang Masjid Kabul Saat Doa Pemakaman Ibunda Jubir Taliban

ADVERTISEMENT

Ledakan Guncang Masjid Kabul Saat Doa Pemakaman Ibunda Jubir Taliban

Tim Detikcom - detikNews
Senin, 04 Okt 2021 09:42 WIB
Kabul -

Ledakan yang mengguncang sebuah masjid di Kabul, Afghanistan, yang menewaskan lima warga sipil terjadi saat digelar doa untuk ibunda juru bicara kelompok Taliban. Belum ada laporan kelompok maupun pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas ledakan ini.

Seperti dilansir Reuters, Senin (4/10/2021), sejumlah pejabat Taliban menyebut bahwa sebuah bom meledak di gerbang Masjid Eigdah di Kabul pada Minggu (3/10) waktu setempat, saat digelar doa dalam rangkaian seremoni pemakaman untuk ibunda dari juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid.

Mujahid sendiri mengonfirmasi terjadinya ledakan itu. Namun dia tidak mengomentari laporan dari pejabat Taliban lainnya soal ledakan terjadi saat doa pemakaman untuk ibundanya yang meninggal dunia beberapa waktu terakhir, tengah digelar di masjid tersebut.

Seorang pejabat Taliban menyebut sedikitnya lima warga sipil tewas akibat ledakan itu. Qori Saeed Khosti mengonfirmasi juga korban tewas.

Beberapa warga sipil lainnya dilaporkan mengalami luka-luka akibat ledakan ini. Sejumlah komandan Taliban dilaporkan mendonorkan darah mereka di rumah sakit setempat yang merawat para korban luka. Namun akses media di wilayah itu dikontrol secara ketat.

Salah satu warga Kabul, Mohammad Israil, menuturkan dirinya mendengar 'suara ledakan' dan melihat orang-orang berlarian.

Sebuah rumah sakit darurat di Kabul yang didanai Italia menuturkan via Twitter bahwa pihaknya menerima empat korban luka akibat ledakan itu.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT