Nasib Geng Kriminal Tewas Saat Bikin Video Tutorial Mengebom ATM

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 01 Okt 2021 11:39 WIB
Close-up of hand entering PIN/pass code for a money transfer, on a ATM/bank machine keypad outside
ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/PKpix)
Jakarta -

Polisi Belanda dan Jerman telah membekuk geng kriminal yang membuat video tutorial tentang cara mengebom mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM), tapi berakhir dengan meledakkan diri mereka sendiri dalam prosesnya.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (1/10/2021), badan kepolisian Uni Eropa, Europol, seorang tersangka tewas dan seorang lainnya terluka parah di kota Utrecht, Belanda, ketika sebuah percobaan gagal di "pusat pelatihan" ilegal untuk serangan bahan peledak di ATM.

Polisi akhirnya melakukan sembilan penangkapan selama operasi 18 bulan yang menargetkan geng tersebut, yang terkait dengan setidaknya 15 pemboman ATM di Jerman yang mengakibatkan kerugian 2,15 juta euro.

"Para penjahat membuat video tutorial yang diberikan secara langsung kepada penjahat lain," kata juru bicara Europol kepada AFP.

"Tersangka utama -- seorang pria berusia 29 tahun -- meledakkan dirinya saat merekam video tutorial. Rekannya -- seorang berusia 24 tahun -- terluka parah dan ditahan," imbuh juru bicara Europol tersebut.

Ledakan itu terjadi pada September 2020.

Dalam sebuah pernyataan bersama, Europol dan lembaga peradilan Eurojust menyatakan bahwa perburuan polisi dimulai setelah petugas di Osnabruck, Jerman, mengidentifikasi "pesanan mencurigakan" dari mesin-mesim ATM dari sebuah perusahaan Jerman.

Lihat juga video 'Raup Miliaran dari Pembobolan ATM, WN Belanda & Rusia Diciduk Polisi':

[Gambas:Video 20detik]