Kian Canggih, Korea Utara Tembakkan Rudal Anti-Pesawat Terbaru!

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 01 Okt 2021 07:52 WIB
People watch a TV showing a file image of North Koreas missile launch during a news program at the Seoul Railway Station in Seoul, South Korea, Tuesday, Sept. 28, 2021. North Korea on Tuesday fired a suspected ballistic missile into the sea, Seoul and Tokyo officials said, the latest in a series of weapons tests by Pyongyang that raised questions about the sincerity of its recent offer for talks with South Korea. (AP Photo/Ahn Young-joon)
Ilustrasi -- Warga Korsel di sebuah stasiun kereta di Seoul menyaksikan tayangan berita soal peluncuran rudal Korut (Foto: AP Photo/Ahn Young-joon)
Jakarta -

Korea Utara (Korut) mengklaim telah berhasil menembakkan rudal anti-pesawat terbaru. Ini merupakan langkah terbaru dalam serangkaian uji coba senjata oleh negara bersenjata nuklir itu.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (1/10/2021), kantor berita resmi Korut, Korean Central News Agency (KCNA) melaporkan, rudal anti-pesawat tersebut memiliki "kinerja tempur yang luar biasa" dan termasuk kontrol kemudi kembar dan teknologi baru lainnya.

Sebuah foto di surat kabar resmi Rodong Sinmun menunjukkan sebuah rudal naik miring ke langit dari kendaraan peluncuran pada hari Kamis (30/9) waktu setempat.

Kementerian pertahanan Korea Selatan mengatakan kepada AFP bahwa mereka tidak dapat segera mengkonfirmasi peluncuran terbaru tersebut.

Rudal anti-pesawat jauh lebih kecil daripada rudal balistik yang dilarang dikembangkan Korea Utara berdasarkan resolusi Dewan Keamanan PBB, dan lebih sulit dideteksi dari jauh.

Ini adalah yang terbaru dari serangkaian langkah peningkatan ketegangan oleh Pyongyang dengan uji coba senjata yang terus dilakukannya.

Pada bulan September, Korea Utara meluncurkan apa yang dikatakan sebagai rudal jelajah jarak jauh. Awal pekan ini, negeri komunis itu menguji apa yang digambarkan sebagai rudal hipersonik, yang menurut militer Korea Selatan tampaknya berada dalam tahap awal pengembangan.

Lihat juga video 'Menguak Motif Korut Uji Coba Peluncuran Rudal dari Kereta':

[Gambas:Video 20detik]