Putin dan Erdogan Duduk Bersama di Sochi, Apa yang Dibahas?

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 30 Sep 2021 10:19 WIB
Moskow -

Presiden Rusia, Vladimir Putin, menjamu Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, dalam pertemuan terbaru di Sochi, resor tepi Laut Hitam. Apa yang dibahas oleh keduanya?

Seperti dilansir Associated Press, Kamis (30/9/2021), pertemuan dengan Erdogan pada Rabu (29/9) waktu setempat ini menjadi pertemuan langsung pertama Putin sejak dirinya menjalani isolasi mandiri selama dua pekan usai menjadi kontak dekat anggota lingkaran dalamnya yang positif virus Corona (COVID-19).

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengonfirmasi bahwa isolasi mandiri Putin telah berakhir pada Rabu (29/9) waktu setempat.

Dalam pertemuan ini, kedua kepala negara membahas soal hubungan bilateral kedua negara dan soal kerja sama dalam isu-isu internasional. Ketika kedua pemimpin duduk bersama untuk berbicara, Putin menekankan bahwa hubungan antara Rusia dan Turki 'berkembang secara positif'.

"Perundingan terkadang sulit, tapi dengan hasil akhir yang positif. Lembaga (pemerintahan) kami telah belajar untuk menemukan kompromi yang bermanfaat bagi kedua pihak," sebut Putin.

Erdogan menyatakan kesepakatan dengan pernyataan Putin, dengan menyatakan dirinya meyakini 'ada manfaat besar dalam melanjutkan hubungan Turki-Rusia kita dengan memperkuatnya setiap hari'.

Namun secara khusus, pembicaraan keduanya fokus pada isu konflik Suriah yang berkepanjangan.