ADVERTISEMENT

Kim Jong-Un Kecam Tawaran Dialog AS sebagai 'Trik Murahan'

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 30 Sep 2021 09:35 WIB
Kemunculan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un, dalam parade militer baru-baru ini jadi sorotan. Ia tampak lebih kurus dibanding bertahun-tahun sebelumnya.
Kim Jong-Un saat menghadiri parade militer Korut beberapa waktu lalu (dok. AP Photo)
Pyongyang -

Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-Un, mengecam tawaran dialog dari Amerika Serikat (AS) dengan menyebutnya sebagai 'trik murahan'. Kim Jong-Un menuduh pemerintahan Presiden Joe Biden melanjutkan kebijakan permusuhan terhadap Korut.

Seperti dilansir AFP, Kamis (30/9/2021), pembicaraan antara Korut dan AS efektif terhenti sejak kolapsnya KTT Hanoi antara Kim Jong-Un dan mantan Presiden Donald Trump terkait pencabutan sanksi dan apa yang bersedia diserahkan Korut sebagai imbalannya.

Di bawah Biden, AS berulang kali menawarkan untuk bertemu perwakilan Korut di mana saja, kapan saja, tanpa syarat apapun, sambil menyatakan pihaknya masih akan mengupayakan denuklirisasi. Namun Kim Jong-Un mengecam tawaran dialog dari AS itu.

"Tidak lebih dari trik murahan untuk menipu komunitas internasional dan menyembunyikan tindakan permusuhan," sebut Kim Jong-Un seperti dilaporkan kantor berita Korut, Korean Central News Agency (KCNA).

Disebutkan juga oleh Kim Jong-Un bahwa pemerintahan baru AS mengerahkan 'ancaman militer' dan 'kebijakan permusuhan' yang tidak berubah dari masa lalu, namun 'menggunakan cara dan metode yang lebih licik dalam melakukannya'.

KCNA menyebut pernyataan Kim Jong-Un itu disampaikan di hadapan Dewan Rakyat Tertinggi Korut -- parlemen Korut.

Diketahui bahwa pekan ini, Korut mengklaim berhasil menguji coba rudal hipersonik buatannya, dan awal bulan ini, rezim komunis itu mengumumkan telah sukses menembakkan rudal jelajah jarak jauh setelah menggelar parade militer. Program senjata nuklir dan rudal balistik Korut dilarang di bawah resolusi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), dan Korut dijatuhi banyak sanksi internasional terkait itu.

Simak juga 'Wow! Korut Uji Coba Rudal Hipersonik Terbaru':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT