Usai Bos Huawei Bebas, 2 WN Kanada Terjerat Spionase Dibebaskan China

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 25 Sep 2021 10:10 WIB
Dua warga Kanada, Michael Kovrig dan Michael Spavor didakwa atas kasus spionase oleh China (AFP Photo)
Dua warga Kanada, Michael Kovrig dan Michael Spavor, yang didakwa spionase oleh China (dok. AFP Photo)
Ottawa -

Dua warga Kanada yang ditahan atas tuduhan spionase oleh otoritas China akhirnya dibebaskan. Pembebasan keduanya dilakukan otoritas China setelah bos Huawei, Meng Wanzhou, dibebaskan oleh hakim Kanada.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (25/9/2021), pembebasan pengusaha Kanada, Michael Spavor dan mantan diplomat Kanada, Michael Kovrig,itu diumumkan oleh Perdana Menteri (PM) Justin Trudeau dalam konferensi pers pada Jumat (24/9) waktu setempat.

Dalam pernyataannya, Trudeau menyatakan keduanya tengah dalam penerbangan pulang ke Kanada.

"Telah meninggalkan wilayah udara China, dan mereka dalam perjalanan pulang," tegasnya.

Ditambahkan Trudeau bahwa keduanya diperkirakan akan mendarat di Kanada pada Sabtu (25/9) waktu setempat. Trudeau tidak menjelaskan lebih lanjut soal alasan China membebaskan kedua warga Kanada itu.

Namun diketahui bahwa negara-negara Barat yang mengkritik China sebelumnya menyebut penahanan Spavor dan Kovrig itu sebagai 'diplomasi penyanderaan'. Keduanya diketahui ditahan otoritas China beberapa hari setelah Meng ditangkap di Vancouver, Kanada, pada Desember 2018 lalu.

Pada Jumat (24/9) waktu setempat, hakim Kanada mengakhiri proses ekstradisi ke AS terhadap Meng dan mencabut jaminan bersyarat yang ditetapkan terhadapnya. Putusan ini secara efektif membebaskan Meng yang berstatus tahanan rumah selama tiga tahun terakhir di Vancouver.

Simak juga Video: 2 Kereta Kargo di Kanada Bertabrakan, 1 Orang Luka Ringan

[Gambas:Video 20detik]