Round-Up

Puluhan Pesawat Militer Jadi Bentuk Kemarahan China ke Taiwan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 20:06 WIB
Mengapa China gelar latihan militer pesawat tempur di dekat Taiwan pada awal masa jabatan Joe Biden
Ilustrasi Pesawat Militer China (Foto: BBC World)

Otoritas Taiwan merespons dengan menyebut China tidak berhak berkomentar soal pengajuan Taiwan untuk bergabung CPTPP. Ditegaskan juga oleh Taiwan bahwa pemerintah China tidak mewakili rakyat Taiwan di panggung internasional.

"Pemerintah China, dengan tindakannya yang hanya ingin menggertak Taiwan di komunitas internasional, menjadi penyebab meningkatnya permusuhan lintas selat," sebut Kementerian Luar Negeri Taiwan dalam pernyataannya.

Apa itu Kemitraan Trans-Pasifik CPTPP?

Kesepakatan perdagangan bebas Kemitraan Trans-Pasifik CPTPP digulirkan selama masa pemerintahan Presiden AS Barack Obama. Pengganti Obama, Donald Trump, tidak menyukai semua perjanjian multilateral yang dibuat oleh pemerintahan sebelumnya, sehingga memutuskan menarik diri dari kesepakatan itu.

Kesepakatan itu awalnya dirancang untuk membangun kawasan perdagangan bebas yang lebih luas dan meredam ambisi perdagangan China.

CPTPP adalah pakta perdagangan bebas terbesar di kawasan Pasifik, dan menyumbang sekitar 13,5% dari perekonomian global. Anggotanya sekarang antara lain Australia, Brunei, Kanada, Cile, Jepang, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Peru, Singapura dan Vietnam.