DPR AS Setujui Anggaran Rp 14,2 T untuk Iron Dome Israel

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 11:22 WIB
(FILES) This file photo taken on November 12, 2018 shows an Iron Dome defence system, designed to intercept and destroy incoming short-range rockets and artillery shells, in the southern Israeli town of Sderot. - The US Army said on February 6, 2019, it wants to purchase a limited number of Iron Dome short-range air defense systems, an interceptor technology developed by Israel with US support. (Photo by JACK GUEZ / AFP)
Ilustrasi -- Sistem pertahanan rudal Iron Dome milik Israel (dok. JACK GUEZ/AFP)
Washington DC -

Para anggota parlemen Amerika Serikat (AS) akhirnya menyetujui anggaran US$ 1 miliar (Rp 14,2 triliun) untuk sistem pertahanan rudal Iron Dome milik Israel, sekutu dekat AS. Persetujuan diberikan usai cekcok antara Partai Republik dan Partai Demokrat karena anggaran Iron Dome dihapus dari rencana anggaran lainnya.

Seperti dilansir AFP, Jumat (24/9/2021), anggaran Iron Dome itu sebelumnya disertakan dalam legislasi yang membahas potensi penutupan pemerintahan AS dan krisis utang bulan Oktober. Namun kalangan progresif Partai Demokrat dalam House of Representatives (HOR) atau DPR AS mengancam akan tidak akan meloloskan legislasi itu kecuali anggaran Iron Dome dihapus.

Setelah anggaran Iron Dome dihapus dari legislasi itu, kalangan Partai Republik melontarkan caci-maki kepada para anggota parlemen dari Partai Demokrat, termasuk adanya tuduhan anti-Semitisme.

Pemimpin mayoritas DPR AS dari Partai Demokrat, Steny Hoyer, lantas menyatakan DPR AS akan menggunakan prosedur dipercepat, atau yang disebut sebagai 'suspension bill' yang mengharuskan rencana anggaran disetujui oleh dua pertiga anggota yang hadir atau dalam voting secara lisan untuk mendapatkan suara bulat. Senat kemudian akan mengadopsinya.

Voting yang digelar pada Kamis (23/9) waktu setempat sepakat meloloskan anggaran Iron Dome itu, dengan 420 suara mendukung melawan 9 suara yang menolak.

"Diloloskannya rencana undang-undang ini mencerminkan persatuan hebat dalam Kongres AS... untuk keamanan Israel," ucap pemimpin DPR AS, Nancy Pelosi.

"Bantuan untuk Israel sangat penting, karena keamanan Israel merupakan keharusan bagi keamanan Amerika," tegasnya.

Simak juga video 'Tuai Protes, AS Akan Tarik Pasukan Berkuda yang Tangani Imigran Haiti':

[Gambas:Video 20detik]