Round-up

Janji Taliban Buka Sekolah untuk Anak Perempuan, Akankah Ditepati?

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 21:46 WIB
Taliban izinkan perempuan di Afghanistan bersekolah. Namun ada sejumlah persyaratan yang diberikan, salah satunya ruang kelas akan dipisahkan berdasarkan gender
Foto: AP Photo/Felipe Dana
Jakarta -

Berkuasanya Taliban membuat banyak hak perempuan terbatasi, salah satunya terkait sekolah untuk anak perempuan. Namun Taliban berjanji akan membuka sekolah untuk anak perempuan di Afghanistan.

Kelompok Taliban sendiri menegaskan akan mengizinkan anak-anak perempuan di Afghanistan untuk kembali bersekolah sesegera mungkin. Sebelumnya Taliban hanya memerintahkan guru laki-laki dan para siswa untuk kembali ke sekolah.

Dilansir AFP, Selasa (21/9/2021), penegasan itu disampaikan Taliban saat mengumumkan posisi tersisa dalam kabinet pemerintahan baru Afghanistan. Diketahui seluruh posisi dalam kabinet dipegang oleh laki-laki.

"Kami sedang menyelesaikan banyak hal... itu akan terjadi sesegera mungkin," ucap juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, merujuk pada pendidikan untuk anak perempuan.

Pada akhir pekan lalu, Kementerian Pendidikan Afghanistan telah memerintahkan guru laki-laki dan para siswa sekolah menengah untuk kembali melanjutkan kegiatan belajar-mengajar di sekolah. Namun tidak disebutkan soal para guru perempuan dan para siswi.

Sejumlah anak perempuan di beberapa wilayah di Afghanistan sudah kembali bersekolah. Khususnya pada sekolah dasar, dengan kelas-kelas yang dipisahkan berdasarkan jenis kelamin.

Namun kecemasan terjadi pada siswi sekolah menengah. Mereka mengaku cemas menanti tanpa kejelasan soal apakah mereka bisa melanjutkan pendidikan mereka.