Upaya Kudeta Militer Digagalkan di Sudan, 40 Orang Ditangkap

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 16:28 WIB
Sudan Cabut Larangan Pindah Agama dan Hapus Sebutan Negara Islam dari Konstitusi
Ilustrasi (dok DW News)
Khartoum -

Sebuah upaya kudeta militer berhasil digagalkan di Sudan dan puluhan orang ditangkap. Otoritas Sudan menyatakan situasi di negara itu kini terkendali.

Seperti dilansir Reuters dan CNN, Selasa (21/9/2021), sumber pemerintahan setempat mengungkapkan bahwa upaya kudeta itu melibatkan upaya mengambil alih radio negara di Omdurman, seberang Sungai Nil dari ibu kota Khartoum.

Seorang saksi mata menuturkan bahwa militer menggunakan sejumlah tank untuk menutup jembatan yang menghubungkan Omdurman dengan Khartoum pada Selasa (21/9) pagi waktu setempat.

Sejumlah langkah penindakan, menurut sumber tersebut, tengah dilakukan untuk menahan orang-orang yang terlibat upaya kudeta.

Salah satu sumber pemerintahan yang dikutip CNN menyebut ada 40 orang yang ditangkap terkait upaya mengambil alih gedung televisi nasional dan komando umum militer Sudan.

Juru bicara dewan penguasa Sudan, Mohamed Al Faki Suleiman, menuturkan bahwa interogasi terhadap para tersangka yang terlibat dalam upaya kudeta itu tengah segera dilakukan.

Usai upaya kudeta ini digagalkan, militer Sudan mengerahkan personelnya menyebar di berbagai wilayah Khartoum. Militer Sudan akan memberikan pernyataan resmi menanggapi hal ini pada Selasa (21/9) waktu setempat.

Sudan diketahui diperintah di bawah kesepakatan berbagai kekuasaan yang rapuh antara militer dan sipil, menyusul digulingkannya Presiden Omar al-Bashir pada April 2019. Otoritas transisi Sudah menuturkan telah menggagalkan atau mendeteksi sejumlah upaya kudeta terkait faksi yang loyal pada Bashir.

(nvc/tor)