Round-Up

Armada Kapal Selam Australia Bikin Mencak-mencak China

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 22:46 WIB
Militer China hadir di Indo-Pasifik, Inggris, AS, dan Australia sepakati pakta pertahanan untuk menangkal kekuatan Tiongkok
Ilustrasi kapal selam (Foto: BBC World)

Morrison mengatakan bahwa pemerintahnya bereaksi terhadap dinamika yang berubah di kawasan Asia-Pasifik di mana wilayahnya semakin diperebutkan dan persaingan meningkat. Dalam wawancara dengan televisi Channel Seven, Morrison mengatakan Australia "sangat sadar" akan kemampuan kapal selam nuklir China dan investasi militer yang berkembang.

"Kami tertarik untuk memastikan bahwa perairan internasional akan selalu jadi perairan internasional dan langit internasional adalah langit internasional, dan bahwa aturan hukum berlaku sama di semua tempat ini," ujarnya.

Morrison mengatakan Australia ingin memastikan tidak ada zona terlarang di wilayah yang diatur oleh hukum internasional.

"Itu sangat penting apakah itu untuk perdagangan, apakah itu untuk hal-hal seperti kabel bawah laut, untuk pesawat dan di mana mereka bisa terbang. Maksud saya itu adalah ketertiban yang perlu kita pertahankan. Itulah yang didapat dari perdamaian dan stabilitas dan itu yang ingin kita capai," papar Morrison.

Morrison juga menyebut aliansi pertahanan baru, yang diumumkan setelah lebih dari 18 bulan pembahasan dengan Amerika Serikat dan Inggris, akan bersifat permanen. Menurutnya, aliansi ini ditujukan untuk menjamin keamanan Australia di masa depan.

"Ini melibatkan komitmen yang sangat signifikan tidak hanya hari ini tetapi selamanya. Itulah mengapa saya menyebutnya sebagai kemitraan selamanya. Ini adalah salah satu yang akan membuat Australia tetap aman dan terlindungi di masa depan," ucapnya.


(haf/fas)