90 Hari di Luar Angkasa, 3 Astronaut China Kembali ke Bumi

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 14:21 WIB
Beijing -

Tiga astronaut China kembali ke Bumi setelah menuntaskan misi berawak terlama bagi negara tersebut. Hal ini menandai pencapaian terbaru China dalam ambisi menjadi kekuatan luar angkasa utama.

Seperti dilansir AFP, Jumat (17/9/2021), kapsul yang membawa ketiga astronaut China itu berhasil mengembangkan parasut dan mendarat di gurun Gobi pada Jumat (17/9) siang, sekitar pukul 13.35 waktu setempat.

Televisi nasional China, CCTV, melaporkan bahwa para astronaut yang kembali ke Bumi dengan pesawat luar angkasa Shenzhou-12 itu dalam kondisi 'kesehatan baik' setelah menuntaskan misi selama 90 hari.

Siaran langsung momen pendaratan itu menunjukkan petugas medis dan staf pendukung dengan helikopter bergegas mendatangi lokasi pendaratan di gurun Gobi. Salah satu staf memasang bendera nasional China di dekat kapsul yang membawa para astronaut tersebut.

Dituturkan kepala perancang proyek luar angkasa berawak China, Huang Weifen, kepada CCTV bahwa para taikonaut -- sebut astronaut China -- itu akan menjalani karantina selama 14 hari sebelum kembali ke rumah masing-masing.

"Karena sistem imunitas mereka mungkin melemah setelah misi panjang," sebut Huang.

Tiga astronaut yang kembali ke Bumi ini dipimpin oleh Nie Haisheng, seorang pilot Angkatan Udara berprestasi yang telah mengikuti dua misi luar angkasa, yang didampingi oleh Liu Boming dan Tang Hongbo, yang sama-sama berasal dari militer China.