Negara-negara Asia Tengah Tak Mau Tampung Pengungsi Afghanistan

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 12:35 WIB
Ribuan warga Afghanistan melarikan diri ke Pakistan usai Taliban kuasai Kabul dan daerah penting lainnya. Mereka pergi untuk mencari perlindungan. Ini potretnya
Ilustrasi -- Pengungsi Afghanistan (dok. AP Photo)
Nur-Sultan -

Negara-negara Asia Tengah yang juga sekutu Rusia menyatakan tidak memiliki rencana untuk menampung pengungsi Afghanistan, di tengah krisis politik dan keamanan yang menyelimuti negara tersebut setelah Taliban berkuasa kembali.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (17/9/2021), hal tersebut disampaikan oleh negara-negara Asia Tengah yang menjadi anggota blok keamanan pimpinan Rusia, Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO), dalam pernyataan pada Kamis (16/9) waktu setempat.

CSTO beranggotakan tiga negara Asia Tengah seperti Tajikistan, Kyrgyzstan dan Kazakhstan, juga sejumlah negara-negara bekas Soviet lainnya. Tajikistan diketahui berbagi perbatasan darat dengan Afghanistan.

Kepala negara anggota CSTO menggelar rapat di Tajikistan pada Kamis (16/9) waktu setempat. Dalam rapat tersebut, dinyatakan bahwa negara-negara anggota yang berlokasi dekat Afghanistan tidak berencana menampung pengungsi dari negara tersebut.

"Mendukung posisi bersama CSTO bahwa penempatan pengungsi Afghanistan atau pangkalan militer asing di wilayah negara kita tidak bisa diterima," tegas Presiden Kazakhstan, Kassym-Jomart Tokayev, dalam pernyataannya.

Dua lagi negara Asia Tengah, yakni Uzbekistan dan Turkmenistan, juga berbatasan langsung dengan Afghanistan namun keduanya bukan anggota CSTO.

Otoritas Uzbekistan sebelumnya menyatakan hanya akan mengizinkan transit jangka pendek untuk pengungsi Afghanistan yang akan diterbangkan ke negara ketiga.

Lihat juga video 'Musim Dingin Segera Tiba, PBB Ketar-ketir Lihat Kondisi Afghanistan':

[Gambas:Video 20detik]